7 Manfaat Lari Pagi Untuk Wanita

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat penting yang harus dilakukan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Dengan berbagai rentang usia, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang mungkin rasa malas atau jarang sekali dilakukan. Padahal manfaat yang ada di baliknya sangatlah banyak, dengan olahraga kita akan membantu tubuh untuk berkeringat dan membantu tubuh untuk mengeluarkan zat sisa yang ada dalam tubuh.

Misalnya saja lemak, bahan-bahan kimia, dan juga bahan yang mungkin beracun, yang dapat mengendap dalam tubuh. Namun dengan adanya olahraga semua itu bisa keluar melalui keringat dan tubuh, anda bisa lebih sehat.

Nyatanya olahraga memiliki efek yang berbeda pada pria maupun wanita. Salah satunya adalah lari pagi, yang mungkin sebagian dari anda sering melakukan kegiatan ini untuk mengisi waktu luang. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa manfaat lari pagi sangat banyak, khususnya untuk para wanita.

Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara jelas Apa saja manfaat lari pagi untuk wanita :

Manfaat Lari Pagi

Manfaat lari pagi untuk wanita (Youtube)

1). Menurunkan Berat Badan

Cita-cita semua wanita yaitu mendapatkan tubuh yang ideal dan juga berat badan yang sesuai. Hal tersebut dapat dilakukan dengan satu metode yang paling umum yaitu diet. Namun diet sendiri tidak bisa dilakukan dengan mudah dan sembarangan. Jika anda menghilangkan makanan dan tidak mengkonsumsi makanan sama sekali, tanpa mengimbagi dengan olahraga tentu diet tersebut akan menimbulkan penyakit dan anda akan jatuh sakit.

Menurunkan berat badan akan lebih mudah dengan berolahraga khususnya lari pagi. manfaat lari pagi untuk wanita secara rutin untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Tidak perlu berat, yang terpenting lari pagi dilakukan dengan konsisten.

2). Mengatasai Insomnia

Sebagian dari anda mungkin mengalami insomnia atau sulit tidur. Sebenarnya insomnia atau sulit tidur dapat disebabkan oleh berbagai factor. Mulai dari tekanan, stress, jadwal kegiatan yang sangat padat dan lainnya. Cobalah untuk melakukan kegiatan rutin dengan berolahraga, khususnya lari pagi. Saat lari tubuh anda akan mencoba mengeluarkan asam laktat dan lemak sehingga dapat mengurangi tekanan dalam tubuh dan juga mengurangi beban otot yang tegang akibat kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Setelah olahraga di pagi hari pasti anda akan menjauh lebih rileks dan santai. Setelah itu anda juga bisa merasakan kualitas tidur yang lebih baik dan lebih.

3). Menyehatkan Kulit

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, Lari pagi dapat memberikan manfaat lain bagi para wanita. Semua wanita di dunia sangat peduli terhadap kesehatan kulit mereka, mengingat dengan kulit yang sehat penampilan anda juga akan meningkat jauh lebih baik. Kulit yang sehat juga tidak hanya disukai oleh anda sendiri, namun siapapun yang melihatnya baik wanita ataupun pria. 

Anda yang rajin lari pagi dapat meningkatkan kesehatan kulit. Bahkan para ahli dermatologi mengatakan bahwa lari pagi merupakan salah satu solusi yang tepat untuk para wanita, yang ingin memiliki kulit yang sehat, kencang dan juga cantik. Jadi tunggu apalagi langsung buat jadwal hari bagi anda untuk mendapatkan kulit yang sehat.

4). Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan untuk wanita yang rajin lari pagi adalah menjaga kesehatan otak. Bagi anda yang mungkin merasa adanya penurunan proses berpikir, atau sulit yang berkonsentrasi. Maka dengan lari pagi anda bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan otak. Hal ini terjadi karena lari pagi akan membantu melancarkan aliran darah, sehingga oksigen akan mudah masuk ke dalam tubuh dan juga masuk ke dalam darah.

Setelah itu oksigen akan dialirkan keseluruh tubuh termasuk ke otak. Sehingga otak akan bekerja menjadi lebih maksimal, terutama untuk anda yang ingin bekerja dan beraktivitas dengan sangat baik pada siang harinya. Usahakan untuk melakukan lari pagi terlebih dahulu agar tubuh dan juga otot merasa rileks.

5). Mencegah Diabetes

Diabetes memang menjadi salah satu masalah yang banyak terjadi di era modern ini. Tingginya masyarakat yang mengkonsumsi junk food dan juga banyaknya makanan instan, menjadikan para penderita diabetes selalu meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentu saja mengakibatkan banyak orang termasuk para wanita yang seringkali tergoda oleh makanan manis terserang diabetes.

Jika sudah seperti ini, cara yang paling mudah dengan melakukan pola hidup sehat dengan mengatur makanan dan juga melakukan olahraga seperti lari pagi.  Menurut penelitian lari pagi dapat menurunkan kemungkinan atau resiko penyakit akibat diabetes hampir 50%. Selain itu dengan kegiatan lari pagi, semua karbohidrat dan gula terbakar menjadi energi dan keringat.  Sehingga tidak ada lagi gula yang menumpuk dalam tubuh.

6). Mengatasi Nyeri Menstruasi

Jika sebagian dari anda sering mengalami nyeri ketika menstruasi, maka solusi yang paling tepat dan terbaik adalah lari pagi. Solusi ini banyak dianjurkan oleh para dokter untuk mengurangi rasa sakit dan juga tidak nyaman ketika menstruasi. Karena lari pagi dapat menghasilkan hormon endorphin, yakni hormon yang ada di dalam tubuh yang bisa memberikan rasa bahagia sekaligus menghilangkan rasa nyeri. Terutama ketika anda pra menstruasi atau menstruasi. Selain itu seringkali tubuh merasa pegal atau sakit, semua itu bisa ditangani dengan baik dengan hari pagi.

7). Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan hal yang paling menakutkan bagi para wanita. Penampilan awet muda menjadi hal yang paling didambakan semua wanita, dengan penampilan awet muda tubuh juga sehat.Salah satu caranya yakni dengan melakukan lari pagi secara rutin. Lari pagi dapat membuang semua racun dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh, disisi lain tubuh akan otomatis memproduksi sel dan juga meregenerasi sel sehingga tampak lebih muda.

Artikel terkait :