Kerajinan tangan merupakan salah satu hal yang banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Dengan membuat kerajinan tangan anda dapat membuat berbagai produk yang akan memiliki nilai seni dan juga nilai jual yang tinggi. Idealnya, membuat kerajinan tangan sendiri tidak semata-mata datang begitu saja. Namun dengan memodifikasi bentuk dan bahannya dapat membuat produk yang bagus dan juga berbeda dari orang lain.

Contohnya adalah kerajinan tangan yang mudah dibuat dan dapat anda lihat dari website ataupun melalui video di Youtube. Kerajinan tangan sendiri bisa terbuat dari bahan-bahan yang baru atau bahkan lebih bagus terbuat dari bahan-bahan bekas dan tidak digunakan lagi.

Cukup banyak kerajinan tangan dari barang bekas yang seringkali berujung sampah dan juga tidak memiliki nilai. Dengan menjadikan barang barang bekas tersebut dan disulap menjadi sebuah produk kerajinan tangan. Tentu sampah ini bukan lagi salah satu masalah. Namun bisa menjadi modal yang tepat untuk mengelola dan membuat sebuah produk. Berikut ini ada beberapa ide kerajinan tangan yang dapat anda gunakan untuk menghias atau membuat.

Baca Juga : Cara Membuat Rumah dari stik es krim

1. Pot dari botol

Hasil gambar untuk Pot dari botol
botol bekas – semenrajawali

Kerajinan tangan pertama yang bisa anda lakukan yakni dari botol plastik bekas. Dimana anda dapat membuat pot bunga unik dari botol plastik bekas. Salah satunya adalah contoh sesuai yang ada di . Di mana anda bisa memotong botol plastik bekas air mineral. Kemudian melubanginya atau membolongi sedikit demi sedikit untuk tempat air yang tidak bisa keluar dan juga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu anda juga bisa menghiasi menggunakan cat yang berbeda agar tampak lebih menarik.

2. Celengan dari kardus

Hasil gambar untuk celengan dari kardus
celengan – kamubanget

Menerapkan kebiasaan menabung sejak kecil merupakan salah satu hal yang sangat baik dan juga penting untuk dilakukan. Terutama bagi anda para orang tua yang ingin mengajarkan anak-anak untuk terbiasa menyisihkan uang mereka agar memiliki simpanan di masa selanjutnya. Namun dengan membeli celengan, tentu saja tidak akan mengajarkan bagaimana cara memanfaatkan uang yang benar pada anak-anak.

Untuk itu anda bisa membuat celengan dari kardus bekas yang sudah tidak digunakan lagi.  Tugas awal adalah membuat pola utama dan memberikan pengarahan saat merakitnya. Usahakan untuk membuat sketsa dengan bentuk yang mudah untuk diaplikasikan. Selain itu ketika celengan sudah jadi, pasti anak-anak merasa bangga dan lebih senang untuk menggunakannya.

3. Tempat Tisu Koran Bekas

Hasil gambar untuk Tempat Tisu Koran Bekas
tempat tisu – kamubanget

Barang bekas selanjutnya yang bisa anda manfaatkan adalah Koran. Sekarang ini koran menjadi salah satu barang bekas atau sampah, karena sudah banyak orang yang tidak membaca berita melalui koran teknologi dan juga internet. Semakin berkembang dan membantu mempermudah manusia zaman sekarang ini. Namun bukan berarti koran bekas yang ada di rumah anda tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Jika hanya menumpuk di gudang saja tentu saja akan menimbulkan penyakit dan memenuhi ruangan.

Baca Juga : 6 Kerajinan Tangan dari Kardus yang tiruable

Namun ada bisa membuatnya sebagai kerajinan tangan salah satunya adalah kotak tisu, pertama kertas koran digulung atau dipilih sampai seukuran sedotan atau lebih besar. Kemudian jika gulungan koran sudah banyak. Saatnya anda memotong-motong sesuaikan dengan ukuran dan juga menempel menggunakan lem yang cukup pekat seperti halnya lem tembak. Setelah itu Anda bisa menyusun potongan koran tersebut di atas kardus sehingga lebih kuat dan juga bisa anda buka, atau tutup secara mudah. Setelah itu kotak kardus dan koran sudah jadi dan ada tinggal menghiasnya agar terlihat lebih cantik.

4. Taplak Meja Sedotan

Hasil gambar untuk taplak meja dari sedotan
taplak – youtube

Kerajinan tangan selanjutnya yang bisa anda buat untuk dari barang bekas adalah sedotan. Mungkin anda tidak pernah menyangka bahwa sebuah taplak meja dapat dibuat dari sedotan. Dengan memanfaatkan sedotan bekas, namun sebelumnya anda cuci terlebih dahulu atau anda sterilkan maka anda bisa membuat salah satu produk yang bernilai ekonomis, dan juga dapat digunakan sehari-hari. Dari sedotan ini bisa anda kreasikan dengan berbagai motif menunjukkan susunan warna yang berbeda-beda sesuai dengan selera. Alat dan bahan yang diperlukan hanya beberapa meter, benang dan juga sedotan serta itu gunting untuk memotong motong sedotan. Usahakan ukurannya seragam agar anda bisa menyatukan dan juga menyambungkan sedotan.

5. Hiasan Botol Kaca Bekas

Jika dirumah anda memiliki botol kaca yang cukup banyak yang tidak tergunakan.  Maka anda bisa memanfaatkannya untuk menjadi sebuah kerajinan tangan. Di mana botol kaca sering kali dimanfaatkan untuk pot bunga ataupun untuk hiasan dari botol kaca. Memiliki kelebihan nilai dari bahan yang tebal dan kesulitan yang tinggi. Selain itu juga jika di pajang dan dibersihkan dengan cara yang tepat maka menampilkan bentuk yang yang berbeda dengan botol plastik dan juga lebih elegan serta lebih bagus. Untuk itu jika anda bisa melihatnya dengan cepat, maka botol kaca ini bisa menjadi kerajinan tangan dan juga pajangan di rumah yang berharga atau bernilai mahal.

Lihat Semua : Kerajinan Tangan

Deretan kerajinan tangan diatas bisa anda buat dengan berbagai bahan atau barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Anda tidak perlu merasa khawatir dan juga bingung, bagaimana membuat barang bekas sesuai yang anda inginkan diatas. Karena dari ide yang sudah disampaikan pada artikel anda bisa berinovasi lebih banyak lagi dan lebih unik lagi. Anda tidak perlu khawatir untuk membuat barang-barang ini dan tidak menghabiskan biaya yang cukup besar. minimal ada bisa memanfaatkan barang bekas yang ada untuk memenuhi kebutuhan anda di rumah tanpa perlu membeli.

Post Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.