Pengenalan, Pengertian dan Manfaat Microsoft Excel

Tutorial Microsoft Excel yang pertama adalah pengenalan tentang apa itu Microsoft Excel. Sempat kita singgung pada tutorial Microsoft excel bagian intro mengenai apa itu Microsoft excel secara singkat. Dan pada bagian khusus pengenalan Microsoft excel ini akan kita bahas lebih detail mulai dari pengertian Microsoft excel, fungsi dan manfaatnya, hingga pengenalan bagian-bagian Microsoft excel.

 

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah program/software pengolah data hasil besutan raksasa software bernama Microsoft, Microsoft excel dihadirkan dalam satu paket software Office yakni Microsoft Office yang ditujukan untuk mempermudah pekerjaan kantor sesuai dengan namanya.

 

Microsoft Excel sendiri dikhususkan untuk mengolah data-data angka berbeda dengan Microsoft word yang hanya ditujukan untuk mengolah kata. Dengan Microsoft excel kalian bisa mengolah data seperti :

  1. Angka (Numbers)
  2. Tanggal ( Date )
  3. Mata Uang ( Currency )
  4. Bagan dan Grafik ( Chart and Graphs )

 

Fungsi dan Manfaat  Microsoft Excel

Dengan Excel banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh, diantaranya :

  1. Mempermudah Membuat sebuah laporan keuangan
  2. Mempermudah Membuat Daftar Nilai
  3. Mempermudah Membuat daftar hadir
  4. Mempermudah operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
  5. Mempermudah Menghitung Kurs Mata Uang
  6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
  7. Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
  8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
  9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
  10. Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat

 

3 Komponen yang harus dipahami di Microsoft Excel

Setidaknya ada 3 komponen penting yang perlu benar-benar kita pahami dalam menggunakan Microsoft excel.

  1. Workbook

Workbook adalah file excel itu sendiri, biasanya berextensi .XLS, .XLSX, .CSV. dan Dikatakan sebagai workbook karena berisi beberapa atau hanya satu Sheet (worksheet).

Di dalam workbook kamu bisa menambah, menghapus, menyembunyikan atau mengubah nama atau urutan worksheet.

  1. Worksheet

Jika kalian melihat Sheet1, Sheet2, Sheet3, dst… maka itu adalah worksheet dan itu bukan halaman seperti di ms word, sebab dalam satu sheet kita juga bisa membuat beberapa halaman untuk dicetak.

Sheet digunakan untuk mengerjakan sebuah pekerjaan khusus dan dapat berbeda dengan sheet yang lain. Misalkan saja kita membuat sebuah laporan keuangan. Di dalam satu laporan keuangan terdapat laporan keuangan kegiatan A dan laporan kegiatan B. atau penjualan Alat dan Sewa Alat maka dapat dipisahkan, Sheet1 sebagai laporan keseluruhan, Sheet2 sebagai laporan penjualan Alat dan Sheet3 sebagai laporan Sewa Alat.

 

Disini kalian juga dapat mengubah nama sheet sesuai keinginan dengan cara “Klik kanan” pada sheet yang ingin diubah dan klik “Rename”, Enter.

  1. Cell

Terakhir adalah Cell, Cell adalah bagian terkecil dari MS Excel tapi disinilah kalian akan bekerja. Menulis, menggunakan rumus dan mengubahnya menjadi grafik. Yang paling penting dari Cell ini adalah setiap sel mempunyai nama atau alamat yang ditunjukan dengan Huruf dan Angka sesuai dengan kolom(column) dan baris (rows) nya.

 

Biru : A1

Kuning : B2

Hitam : C3

Hijau : D2 dan

Area tempat kursor berada atau ( Selected/Active Cell ) : D5

 

Komponen dalam Microsoft Excel

Sebelum kalian bekerja dengan Microsoft excel sebaiknya kalian mengenali komponen-komponen yang ada di dalam microsoft Excel agar lebih mudah ditutorial Microsoft excel lainnya.

  1. Active Cell

Cell aktif adalah Cell yang sekarang dipilih/diklik, cell aktif ditandai dengan kotak menyala seperti gambar, kalian bisa menulis disitu. Jika ingin mengedit kalian bisa melakukan double klik atau tekan F2 pada keyboard.

  1. Column

Column adalah cell-cell yang berjajar secara vertikal dipaling atas ditandai dengan Huruf hingga ke Cell paling bawah.

Untuk memilih seluruh cell dalam satu cell kalian bisa klik Huruf pada column yang diinginkan.

  1. Row

Jika Column berjajar secara vertikal, maka row (baris), cell berjajar secara horizontal.

Untuk memilih seluruh cell dalam satu row, kalian bisa klik Angka pada row yang dinginkan.

  1. Fill Handle

Fill Handle adalah bulatan kecil dipojok kanan bawah pada cell yang aktif, fill handel bisa digunakan untuk menyalin data, angkat, rumus secara otomatis.

Untuk membuat angka 1-100, kalian cukup membuat angka 1, kemudian klik dan Tarik fill handle kebawah hingga muncul angka 100.

Pilih “Fill Series”.

 

  1. Address Bar

Kolom input kecil yang berisi Cell mana yang saat ini Aktif. Kalian bisa menggunakannya untuk mencari Cell, caranya masukan nama Cell dan Enter.

  1. Formula

Inputan panjang untuk memasukan/melihat rumus yang ada pada Cell Active.

  1. Title Bar

Akan berisi Nama File/Workbook yang saat ini kita buka, jika belum disimpan secara default akan berisi “Book1 – Excel”.

  1. File Menu

File Menu beri isi : Save, Save As, Open, New File, Print, Excel Options, Share dll.

  1. Quick Access Toolbar

Quick Access toolbar adalah kumpulan menu yang sering digunakan, kalian bisa menambahkan sendiri dengan mengklik kilik segitiga kecil disebelah kanan.

  1. Ribbon Tab

Ribbon Tab berisi kelompok-kelompok menu yang bisa kita gunakan untuk mengolah data yang ada di dalam worksheet.

  1. Worksheet Tab

Worksheet Tab adalah sheet sheet yang ada dalam satu workbook, kalian bisa klik untuk pindah worksheet.

  1. Status Bar

Dan yang terakhir adalah status bar yang berada dibagian paling bawah. Disana kalian bisa mengubah layout worksheet dan zoom.

 

Demikian tahap pengenalan Microsoft Excel dalam belajar Microsoft Excel kalian bisa melanjutkan pada tutorial Microsoft Excel berikutnya:

Tentunya kalian bisa memanfaatkan kolom komentar untuk berdiskusi atau bertanya mengenai tutorial Microsoft excel yang kami sajikan.

sejarah microsoft word appsheet tutorial management trainee google docs cara membuat kuesioner online management trainee job description management trainee bank google form tutorial cara melihat hasil google form materi pmr pertolongan pertama google form indonesia appsheet sample contoh proposal bantuan dana pembangunan masjid cara menggunakan google docs cara membuat google formulir google docs excel materi pmr kepemimpinan cara membuat google docs spreadsheet cara membuat kuesioner online appsheet appsheet sample materi kepemimpinan pmr contoh proposal bantuan dana pembangunan sekolah materi pmr madya bagian bagian microsoft word bagian bagian microsoft word 2010 manfaat microsoft word pengertian microsoft word rumus fungsi ms excel rumus excel vlookup rumus vlookup beda sheet proposal contoh proposal bantuan dana pembangunan contoh proposal bakti sosial contoh proposal bakti sosial ke panti asuhan contoh proposal bantuan dana pembangunan masjid contoh proposal bantuan dana pembangunan masjid doc contoh proposal proyek pembangunan gedung sekolah liburan murah di bogor tempat wisata di sentul wisata terindah di jawa tengah manfaat microsoft excel wisata pantai jawa tengah app doc fungsi microsoft excel materi microsoft excel manfaat microsoft excel rumus fungsi ms excel contoh pencemaran contoh pencemaran lingkungan artikel pencemaran lingkungan contoh pencemaran udara 10 macam pencemaran lingkungan berita pencemaran udara kasus pencemaran lingkungan contoh pencemaran lingkungan contoh surat lamaran kerja bahasa inggris contoh lamaran pekerjaan sederhana contoh surat permohonan izin kerja contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris beserta iklannya cv dalam bahasa inggris contoh lamaran pekerjaan sederhana contoh surat permohonan izin kerja contoh application letter yang baik dan benar