8 Destinasi Wajib Didatangi Saat Berwisata Ke Magetan

8 Destinasi Wajib, Wisata Magetan – Kali ini saya akan membahas soal kota Magetan yang dijuluki sebagai Kota Kaki Gunung.
Kenapa? Ya, karena letak geografisnya yang berada di kaki dan lereng Gunung Lawu.

Karena letak Kota Magetan berada di kaki dan leren Gunung Lawu membuat Magetan memiliki buanyak sekali tempat wisata. Yang mulai dari berbagai penjuru Mgetan Timur, Magetan Utara, Magetan Selatan, Pusat Kota Magetan, dan Magetan Bagian lerang Gunung Lawu semua ada tempat wisatanya.

Nah untuk para yang suka ngtrip dan berpetualang, Kota Magetan ini sangat direcomended.Karena pada tahun 2018 ini banyak sekali tempat-tempat wisata baru yang bermunculan di Kota Magetan.

Oh ia, Kota Magetan itu terletak di Provinsi Jawa Timur bagian Barat. Kota Magetan terbagi menjadi 18 Kecamatan.Sebagian besar di Setiap Kecamatan di Kota Magetan terdapat tempat wisatanya.

Akses menuju Kota Magetan pun sangat mudah.Naik Bus, dari semua jurusan bisa turun di Terminal Maospati.Kereta, bisa turun Stasiun Barat atau Stasiun Madiun.Pesawat, yang paling dekan bisa di Bandara Adi Sumarmo Solo.

Kembali lagi pada topik yaitu, Wisata di Kota Magetan.
sekarang saya akan memberi kepada para sahabat yang suka explore tempat-tempat wisata. Di Magetan banyak sekali tempat wisata yang asyik dikunjungi dan tak menguras kantong.Jadi dengan biaya super hemat bisa ngerifres pikiran dan tak lupa pulang hati menjadi senang 😀

Nah berikut tempat-tempat wisata yang wajib para traveler kunjungi di Kota Magetan:

Telaga Sarangan

suasana telaga sarangan by piknikasik.com

Nah tempat Wisata Telaga Sarangan ini tempat favorit untuk menghabiskan waktu liburan.
Karena di Sarangan memiliki view yang sangat bagus banget.

Mulai dari jalan menuju lokasi pun sudah di suguhi pemandangan yang sangat menajukan. Disamping pemandangan yang bagus, kalian akan disuguhkan dengan udara yang sangat dingin.

Ya dingin khas udara pegunungan. Sampai-sampai air di sana serasa air kulkas.

Di sarangan kalian akan disuguhi pemandangan danau yang sagat luas dan indah. Di tambah kalian bisa mengelilingi danau dengan dengan perahu bout atau dengan menunggangi kuda.

Kalo sudah puas berkeliling, kalian bisa beristirahat di tepi danau sambil menikmati kuliner yang dijual disana. Salah satu kuliner yang terkenal disana adalah sate kelinci. Hanya dengan Rp 10.000,- kalian bisa menikmati sate kelinci dan lontong. Dan kalo soal oleh-oleh, di sarangan ada juga temapat oleh-oleh yaitu, pasar sarangan.Yang lokasinya satu jalur dengan jalur utama.Disutu lengkap, mulai dari baju-baju, sayur-sayur, dan buah-buahan yang jarang kita temui.

Tau kesemek? Itu makanan kita waktu kecil, dan ternyata di sarangan masih bisa ditemui.

Oh ya untuk spot foto-fotonya di sarangan banyak sekali. Pertama kalo senja kalian bisa foto di taman hotel AU (kalo gak salah namanya itu). Di sana gratis, kalian bisa foto di sana dengan latar full danau. Soalnya tempatnya di atas tapi masih di lingkungan Sarangan.Kalo mau lebih mengenang, kalian bisa sewa kapal bout untuk mengililingi danau.Dan ketika di tengah byasanya di tawari untuk berfoto dengan latar tulisan “TELAGA SARANGAN” yang di temple pada tanggul telaga.

Untuk akases ke Telaga Sarangan ini sangat mudah.Kalo kalian dari terminal Maospati, kalian tinggal menuju kebarat (Jalur Magetan ke Solo).Soalnya jalur dari Magetan ke Solo pasti melewati Telaga Sarangan. Mungkin kalo dari Moaspati akan memakan waktu 1 jam. Namun jangan takut, karena dalam perjalanan kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Baca Juga : Beberapa hal yang wajib kamu tau sebelum Ke Telaga Sarangan

Taman Bedengan

wisata genilangit magetan, wisata magetan, tempat wisata magetan

by Traverling.com

Taman Wisata Bedengan – Taman Bedengan ini terbilang cukup baru di Kota Magetan. Konsep Taman bedengan ini sperti wisata yang berada di kota Batu atau Kulon Progo. Namun, Tman Bedengan ini tak kalah indahnya. Terbukti, ketika taman ini di buka pada pertengahan 2017 sampai saat ini masih menjadi destinasi bagi kawula muda.

Di Taman Bedengan ini banyak sekali spot berSelfi ria, sehingga Taman Bedengan ini akan memanjakan kalian yang gemar dengan selfi atau foto yang sudah pro.

Kalian bisa mengambil foto dengan berbagai background yang elah disediankan.Yang terakhir di updet sekarang adalah foto di ayunan dan sepeda dengan latar di atas ketinggian. Dan satu lagi,kalian bisa melihat Kota Magetan dari ketinggian. Jadi Taman Bedengan ini tak kalah dengan tempat wisata lainnya.

Lokasi Taman Bedengan di lereng Gunung Lawu, yaitu Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.Kalo dari Telaga Sarangan?Ia, tidak jauh. Jadi kalian dari Sarangan ambil jalan menuju Poncol atau Genilangit. Kalo bingung kalian bisa cari di maps, itu lebih mudah. Tidak jauh kok dari pusat kota magetan juga, mungkin 35menitan lah perjalanan.

Di perjalanan menuju lokasipun kalian tidak akan merasa lelah. Karena selama perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan khas lereng pegunungan. Yang ada kalian pasti berhenti di  setiap perjalanan, karena memang bagus pemandangannya.

AIR TERJUN TIRTOSARI

wisata magetan, air terjun tirtosari

by tempatwisata.co

Air Terjun Tirtosari, merupakan air terjun yang berada di Magetan. Air terjun ini terletak tidak begitu jauh dari Telaga Sarangan.Jadi kalo kalian masuk ke Sarangan, paket lengkapnya ya ke Air Terjun Tirtosari.

Jalan menuju air terjun ini sangat membutuhkan fisik yang kuat. Karena apa? Ya karena jaraknya begitu jauh hampir 2 km, yang ditempuh dengan jalan kaki.Tapi jangan kawatir, disana disediakan ojek untuk mengantarnya ke lokasi.Kalo tidak mau ojek bisa dengan jalan kaki. Itung-itung olahraga 😀

Nanti kalo sudah naik ojek, kalian akan jalan kaki hamper 1 km. Tidak ada ojek? Ia harus jalan kaki. Karena jalurnya sempit, yang hanya bisa di lalui dengan jalan kaki.

Tenang, saat jalan kaki kalian akan disuguhkan dengan pemandangan pinus yang bikin pikiran tenang. Jadi kalian bisa berselfi sambil istirahat.

Sesampainya disana perjalanan belum selesai, kalian akan menaiki anak tangga yang lumayn untuk menuju lokasi. Walaupu melelahkan, semua akan terbayar saat sudah mencapai lokasi. Kalian akan disuguhkan air terjun yang sangat indah. Bahkan aliran air di dari air terjun tidak mengalir begitu saja.Airnya di bawah membentuk anakan air terjun yang lumayan banyak, bagus untuk latar foto.

Air terjun ini memiliki legenda.Konon kalau berkunjung kesana di usahakan untuk membasuh muka bahkan mandi di bawah air terjunnya. Dipercaya jika kalian membasuh muka atau mandi disana akan memunculkan aura ketampanan bagi laki-laki dan memunculkan aura kecantikan bagi perempuan.

Ujung Kulon Magetan

wisata magetan, wisata ujung kulon magetan

by www.piknikyok.com

Tadi kan ada Taman Bedengan, sekarang ada Spot Ujung Kulon Magetan.

Nah lokasi ini berada di magetanbagian selatan Kota Magetan. Kalo kalian ke Taman Bedengan, kalian akan melewati Spot Foto ini.

Nah lokasi ini cocok bagi kalian yang doyan sekali ma selfi.

Meskipun namanya mirip yang ada di banyuwangi yaitu Ujung Kulon juga, Tempat wisata yang terletak di Desa Janggan, Poncol, Magetan ini bebrbeda.

Ujung Kulon ini menawarkan sedikitnya ada 12 titik untuk berfoto.

Ujung Kulon ini di kelola oleh Organisasi Kepemudaan Tunas Mandiri Ujung Kulon Rt 01 dan Rt 02 Desa setempat. Objek wisata ini muncul karena banyaknya orang yang lewat jalan tersebut berhenti dan berfoto-foto.Akhirnya munculah ide untuk membuat background foto yan unik, dan jadilah Objek Wisata Ujung Kulon ini.

Cemoro Sewu

Cemoro Sewu merupakan tempat wisata yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Tempat wisata ini ramai pada saat biasa maupun liburan.Tempat ini sangat indah yang memiliki suasana yang berbeda.Karena dari namanya saja sudah terlihat.

Cemara = pohon cemara

Sewu = seribu

Jadi Cemara Sewu adalah Seribu Pohon Cemara.

Ia di dalam lokasi kalian akan disuguhi pemandangan banyak sekali pohon cemara. Pada saat peralihan musim antara musim penghujan ke musim kemarau, suasana cemara sewu seperti musim gugur di luar negri. Jadi bisa dibayangkan kan bagaiman suasananya? Pastinya saat itu cocok banget untuk foto-ftoto. Ntah selfe, bersama temen, keluarga, bahkan pada saat preweding (kalo calonnya sudahada 😀 )

Karena cemoro sewu letaknya di ketinggian atau pegunungan, di sini hawanya dingin sekali. Nah untuk megatasi hal tersebut, di sana tersedia berbagai jajanan khas pegunungan. Resto untuk mengisi perut yang hangat-hangat atau di sepanjang jalan banyak sekali stan-stan yang menawarkan berbagai jajanan, dari sate, mie, atau nasi.Semua ada.

Di Cemoro Sewu vasilitasnya sudah lengkap. Musola ada, wc umum ada, tempat parker ada. Jadi anda bisa berlama-lama disana.

Cemoro Sewu ini berda di jalan utama Sarangan – Karanganyar. Jadi kalo kalian dari sarangan, ambil jalur kea rah karanganyar atau solo. Pas sebelum erbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah di situ ada Cemoro Sewu.Dari sarangan kira-kira 30 menitan.Selama perjalanan nanti kalian akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dan jarang-jarang ditemui di kota. Sperti selama perjalanan nanti sesekali anda akan menembus kabut yang tebal. Kalo naik motor nanti akan merasakan jari-jari kalian sperti tertusuk-tusuk karena sangat dingin sekali.

Wonomulyo

wisata magetan, wisata wonomulyo magetan, wonomulyo magetan

by explorewisata.com

Tadi sudah ada Bedengan, Ujung Kulon. Nah ini ada satu lagi yang yang masi satu lokasi dengan 2 “dua” tempat wisata tadi yaitu, Wisata Wonomulyo yang byasa dijuluki dengan Rumah Hobbit.

Spot terbilang masih baru di Magetan. Rumah Hobbit Wonomulyo ini terbuat dari kayu yang di desain sangat artistic. Disekitar rumah hobbit ini ditata sedmikian rupa membentuk taman yang rapi. Tentu akan sangat mendukung untuk hasil jepreta foto kalian.

Lokasi Wonomulyo ini berada di Dusun Wonomulyo, DDesa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Sebenarnya lokasi ini sagat terkenal, terutama di media social. Ya karena untuk menjelaskan sangat rumit, ya pokoknya nanti kalo kalian mau ke sana kalian langsung menuju saja ke Desa Genilangin. Lalu kalian bertanya saja ke warga lokasinya.

Kebetulan spot Bedengan, Ujung Kulon masih satu Kawasan sehingga tidak ada ruginya kalian menyempatkan untuk mampir untuk sekedar melihat pemandangan Desa Wonomulyo yang sebenarnya sudah indah, ditambah lagi dengan spot foto Rumah Hobbit ini.

Jo Resort

wisata magetan, wisasa mbah jo resort

by www.infomagetan.com

Mbah Djo Resort merupakan sebuah café dengan perpaduan wisata alam dan kuliner.Mbah Djo Resort ini berlokasi tidak jauh dari Wisata Telaga Srangan, menjadi alternative untuk santai sambil menikmati menu yang disediakan.Mbah Djo Resort ini berjarak 5-10 menitan dari Sarangan.

Tempat ini terhitung masih baru, namun pada saat pembukaan sampai saat ini masih menjadi tempat favorit untuk disinggahi.Terutama untuk muda mudi yang doyan selfi. Karena Mbah Djo Resort menawarkan pemandangan yang berbeda dengan tempat lain, kalian bisa selfi dengan latar pemandangan khas pegunungan. Kalian juga bisa renang di kolam renang yang sangat bersih, namun juga perlu diingat airnya dingin banget.

Nah selain spot selfi, di Mbah Djo kan berkonsep café pasti ada menu makanan yang disediakan. Menu di sini standart sih dengan café lainnya, nasi goring, berbagai gorengan, minuman hangat, dan kopi.

Mojosemi Forest Park

wisata magetan, mojosmiforestpark

by mojosmiforestpark.com

Nah satu lagi ni wisata baru di Magetan, yaitu Mojosemi Forest Part.

Wisata ini berkonsep Agrowisata yang berupa hutan yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang asyik dan menantang, serta yang menjadi andalan adalah berbagai titik spot foto yang menarik yang tersebar di area ini. Di sini juga ada lo air terjunnya.

Wisata ini cocok untuk wisata keluarga, karena lokasi yang luas dan banyak pilihan untuk sekedar berkumpul atau intirahat sekedar menikmati keindahan alam sekitar.Di jamin kalian tidak rugi kalo masuk ke sini.

Lokasi wisata ini tak jauh dari Sarangan dan Mbah Jo Resort, sekitar 10-15 menit dari sarangan.Kalo dari Mbah Djo mungkin hanya 5 menitan lah.Karena satu jalur. Di Mojosemi Part fasilitas lengkap, dari parker luas, mobil bisa masuk, wc umum, dan musola ada.

(kiriman Mashuri)

Leave a Reply