pencemaran lingkungan, macam-macam pencemaran lingkungan

Kenali Macam-Macam Pencemaran Lingkungan dan Hindari Dampaknya

Pencemaran Lingkungan merupakan musuh yang nyata bagi setiap manusia di bumi, walapun pelaku utama yang bertanggung jawab atas polusi adalah manusia itu sendiri. Dalam tulisan ini kami mencoba mengajak teman-teman untuk peduli dengan lingkungan, biar bagaimanapun Bumi tanpa manusia akan baik-baik saja, tapi jika manusia tanpa bumi ?

Apa Itu Pencemaran Lingkungan

Menurut Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982 dalam Wikipedia.  Pengertian Pencemaran Lingkungan atau bisa disebut juga Polusi adalah peristiwa masuknya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai pada tingkat  tertentu sehingga menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Zat-zat yang mengakibatkan polusi atau disebut juga polutan biasanya memiliki ukuran misalkan Carbon maksimal 0,03% di udara, tidak boleh lebih jika lebih akan terjadi polusi. selain melebihi ukuran, suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan apabila zat tersebut berada diwaktu dan tempat yang tidak tepat. misalkan Limbah air bekas cucian,  masuk ke air jernih, sepintas dianggap biasa namun ternyata air sabun bekas cucian tersebut mengandung zat kimia yang tidak bagus biasanya akan berefek pada gatal-gatal pada tumbuh manusia.

Macam Macam Pencemaran Lingkungan

Ada beberapa pencemaran lingkungan yang perlu kalian ketahui agar tau bagaimana menanganinya. Menurut tempat terjadinya pencemaran lingkungan terbagi menjadi 4:

Pencemaran Air

pencemaran lingkungan, macam-macam pencemaran lingkungan

pencemaran air laut by green-sharks.blogspot.co.id

Pencemaran air adalah pencemaran yang terjadi di air akibat dari masuknya zat merusak air sehingga air menjadi kotor, bau, berubah warna hingga tidak ada makhluk hidup yang tinggal di air. air di sini adalah air yang dekat dengan kehidupan kita, bisa sumur, kolam, sungai, danau, telaga ataupun laut.

Penyebab Pencemaran Air

Ada beberapa faktor yang menjadi sebab air tercemar:

  1. Pembuangan limbah pabrik atau industri, sisa insektisida, dan pembuangan  sampah, seperti, sisa sabun / detergen. Sisa Produksi Pabrik / industri seperti Zat Pb, Hg, Zn, dan CO, yang apabila terakumulasi akan  bersifat racun.
  2. Sampah-sampah organik, meskipun organik, sampah yang tidak pada tempanya dapat menjadi penyebab pencemaran air. hal ini disebabkan sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan O2 (Oksigen) dalam air menjadi berkurang sehingga mengganggu aktivitas organisme air.
  3. Fosfat hasil pembusukan bersama h03 dan pupuk pertanian yang  terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi atau penimbunan mineral yang mengakibatkan Blooming alga (pertumbuhan alga yang cepat). Akibatnya, tanaman dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang.

Pencemaran Udara

pencemaran lingkungan, macam-macam pencemaran lingkungan, pencemaran udara

pencemaran udara by govtech.com

Pencemaran Udara merupakan pencemaran yang terjadi di wilayah lapisan atmosfer bumi karena di atmosfer bumi terdapat zat-zat bahkan benda yang terakumulasi dan melebihi batas. baik itu dari unsur fisik, kimia maupun biologi. Pencemaran Udara ini dapat terjadi pada taraf global atau hanya lokal.

Penyebab Pencemaran Udara

Penyebab terjadinya pencemara udara ada beberapa faktor,

Faktor alam. terjadinya karena gunung meletusatau kebakaran hutan.

Faktor Aktivitas Manusia. sebagian besar polusi udara disebabkan oleh gas buang kendaraan atau aktivitas industri yang langsung terangkat ke atmosfer.

Pencemaran Tanah

pencemaran lingkungan, macam-macam pencemaran lingkungan, pencemaran tanah

pencemaran tanah by pandaibesi.com

Pencemaran tanah merupakan pencemaran pada lapisan-lapisan tanah hingga pada air tanah akibat terakumulasinya zat-zat kimia yang gagal di uraikan olehh tanah.

Penyebab Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah biasanya terjadi akibat aktivitas manusia yang dekat dengan bahan-bahan kimia seperti, limbah industri minyak, pestisida, air sabun, pupuk kimia berlebihan dan sampah yang sukar diuraikan tanah.

Pencemaran Suara

pencemaran lingkungan, macam-macam pencemaran lingkungan, pencemaran suara

pencemaran suara by linikini.id

Pencemaran Suara merupakan pencemaran pada udara yang menghasilkan bunyi-bunyian yang mengganggu pendengaran. seperti suara bising.

Penyebab Pencemaran Suara

Penyebab pencemaran Suara adalah benda-benda yang menghasilkan suara berlebihan dan membuat tidak nyaman seperti suara mesin, knalpot, alat-alat musik yang dimainkan dengan keras dan lain-lain

Cara Menanggulangi Pencemaran Lingkungan

Setidaknya tiga metode atau cara untuk menanggulangi pencemaran lingkungan yang dirasa cukup efektif :

Aturan Perundang-undangan

Cara penanggulangan pencemaran lingkungan dapat dilakukan dengan membuat dan menegakkan aturan UU yang mana bisa dilakukan oleh pemerintah atas dukungan, laporan dan dorongan masyarakat. misalnya mengatur lokasi pembuangan limbah, memberikan ukuran dan batasan maksimal limbah.

Teknologi Pengurai

Menciptakan atau mengadakan teknologi untuk mengurai sampah atau limbah merupakan cara lain untuk mengatasi pencemaran. misalkan dengan tungku pelebur yang dapat meleburkan plastik dan mengubahnya menjadi balok-balok pengganti batu bata.

Pendidikan

Setelah dua hal di atas, faktor human juga harus dilakukan. dengan memberikan informasi, pengetahuan, pengajaran yang tepat akan pentingnya memiliki lingkungan yang sehat dan mendidik habit atau kebiasaan-kebiasaan sehat pada setiap individu agar kita dapat menekan / menanggulangi pencemaran yang ada.

Mungkin pencemaran lingkungan tidak akan terasa langsung karena sejatinya pencemaran merupakan penimbunan suatu zat sehingga lingkungan yang ditempati zat tersebut tidak mampu lagi mengurai atau menetralkan sehingga terjadi pencemaran.  misalkan saja kentut, kentut merupakan pencemaran udara namun karena ketut dapat diuraikan oleh udara sehingga bau yang tidak sedap dari ketut bisa hilang, maka kentut menjadi tidak berbahaya.

Leave a Reply