permainan kelompok

Permainan Outbound Kelompok Dalam Ruangan

Tak hanya dilakukan diluar ruangan, Permainan Outbound kelompok dalam ruang ternyata sudah sering kali dilakukan. Biasanya permainan outbound yang dimainkan di dalam ruang adalah permainan-permainan ringan dan biasanya menggunakan peralatan sederhana dan murah, seperti tali pramuka atau rafia sebagai alat.

Manfaat Outbound Team Building

Kita sudah tau bahwa manfaat outbound bagi fisik sangatlah bagus seperti meningkatkan ketangkasan, kesigapan, dan secara psikis outboundpun dapat membentuk rasa percaya diri, sikap pemberani dan mampu menumbuhkan jiwa sosial. Disamping itu outbound juga bermanfaat untuk team building atau membangun kerjasama tim. Dan manfaat tersebut adalah manfaat outbound yang paling sering dicari oleh instansi/perusahaan untuk membangun kekompakan tim mereka dalam bekerja.

5 Permainan Outbound Kelompok Dalam Ruang

Jika kalian ingin mencoba membangun kelompok tim, tapi terhalang masalah dana untuk mengundang jasa outbound beritku ada 5 permainan outbound yang bisa kalian lakukan di dalam ruangan dan tentunya kalian tak perlu mengundang jasa outbound cukup praktekkan 5 permainan berikut:

Baca Juga :

 

Membuat Yel-Yel

Permainan yang pertama adalah membuat yel-yel, bagi kalian yang sudah pernah ikut pramuka kalian pasti pernah dengar istilah Yel-yel ini, disini peserta outbound diminta untuk membuat kelompok dan membuat sebuah yel-yel untuk kelompoknya. Oh iya, yel-yel adalah sebuah teriakan yang mirip lagu yang pendek, seperti “maju maju go go go tim kita oke!” Ada juga yang lebih panjang. Bertujuan untuk menunjukkan kekompakan dan mengobarkan semangat.

Aturan Permainannya adalah setiap kelompok harus membuat sebuah yel dengan batas waktu tertentu dan diakhir harus ditampilkan kepada kelompok lain.

Kapal Titanic

Permainan kedua, kapal titanic, sesuai dengan cerita pada film titanic permainan ini mengambil ide seolah-olah kita sedang mengalami kecelakaan dan kapal tenggelam sedikit demi sedikit. Tugas kita adalah bagaimana caranya agar kita tidak tenggelam.

Media atau alat yang digunakan adalah selembar kertas koran yang nantinya akan diinjak oleh seluruh kelompok, setidak satu kelompok terdiri dari 4-5 orang. Kemudian saat fasilitator mengatakan “1, 2, 3 naik kapal” semua kelompok harus cepat-cepat menginjak koran tanpa ada kaki yang diluar koran. Saat fasilitator “kapal sudah sampai”, peserta turun dan melipat koran menjadi separuhnya. Lalu fasilitator “1, 2, 3 naik kapal” semua peserta naik. Begitu seterusnya hingga lipatan terkecil. Dan kelompok yang masih utuhlah yang menang.

‎Tebak Kata (Bahasa Tubuh)

Di permainan ketiga ini kita tidak butuh alat apapun, hanya butuh satu orang untuk memeragakan sesuatu dan anggota kelompok lainnya diminta untuk menebak apa yang sedang diperagakan. Permainan ini 100% membantu kita untuk memilih dan membentuk suatu komunikasi yang efektif tanpa menggunakan kata-kata. Ya tanpa ada suara suara sedikitpun, peserta hanya diminta menggerak-gerakan anggota badannya untuk menyampaikan sebuah pesan kepada kelompoknya.

Masing-masing dari kelompok diberikan sejumlah pertanyaan dan yang paling banyak jawaban benarnya itulah yang menang.

‎Pindah Karet

Berikutnya adalag permainan pindah karet, permainan ini sangat murah meriah bahanya cukup mengunakan beberapa karet dan sedotan saja. Ide dari permainan ini adalah memindahkan beberapa gelang karet dari ujung ke ujung, satu persatu. Peserta diminta membuat kelompok dan disuruh berbaris satu satu. Disalah satu ujung terdapat beberapa karet yang siap dipindahkan menggunakan sebuah sedotan yang ditaruh dimulut.

Dan kelompok mana yang paling cepat memindahkan semua karet dialah kelompok yang menang.

Barisan Manusia

Permaian outbound yang terakhir adalah barisan manusia. Sebuah permainan tanpa modal sama sekali sebab tidak membutuhkan alat dan bahan apapun, kita hanya butuh sekelompok orang untuk bermain.

Jadi dalam permainan ini tiap-tiap kelompok diminta untuk membuat barisan mundur kebelakang, nantinya urutan barisan ini akan berubah sesuai instruksi dari fasilitator.

Berikut beberapa contoh instruksi dari fasilitator, berurutan berdasarkan :

  • Usia paling muda
  • ‎Rambut paling pendek
  • ‎Tangan paling panjang
  • ‎Nama paling pendek
  • ‎Dll

Tentu di sini ada batas waktu seperti hitungan, jadi siapa yang paling cepat membentuk urutan dalam hitungan ke 10 dia yang menang.

Sekian beberapa permainan outbound kelompok yang bisa dilakukan didalam ruang dan bisa dipraktekkan sendiri tanpa perlu mengundang jasa outbound. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply