3 Cara Membuat Simpul Pangkal

Membuat Simpul Pangkal – Dalam kegiatan pramuka atau pecinta alam pasti kita diajarkan untuk membuat simpul-simpul, dimana simpul-simpul tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan dalam kegiatan  seperti membuat tenda, tandu, anchor, pengaman dan lain-lain. Diantar sekian banyak simpul yang ada berikut satu simpul paling sering dipakai yakni simpul pangkal.

Simpul pangkal atau Clove Hitch merupakan simpul yang sangat umum dipakai baik di Pramuka, PMR, Panjat Tebing ataupun Pencita Alam sebagai simpul kunci, simpul pangkal merupakan simpul yang kuat, bilang semakin ditarik semakin erat ikatannya. Simpul ini biasanya dipakai untuk mengikat pasak tenda, kuncian pada Carabiner untuk membuat anchor.

Meskipun memiliki kelebihan saat ditarik semakin erat, simpul pangkal tetap menganut prinsip dasar simpul yaitu kuat, erat dan mudah dilepas. Dan berikut terdapat 3 Cara Membuat Simpul Pangkal, yang terbagi atas cara biasa, satu tali, dan satu tangan.

baca juga :

 

3 Cara Membuat Simpul Pangkal

1. Membuat simpul pangkal dengan cara biasa, cara ini merupakan cara yang sangat umum digunakan, dilakukan dengan :
  • Membuat dua lingkaran dari tarikan tali, satu putar kekiri, satu diputar kekanan
  • Lalu letakkan lingkaran kanan dibawah.
  • Masukan sesuatu (disini kita pakai carabiner) ditengah lingkaran kemudian tarik ujungnya.
  • Dan jadilah simpul pangkal.
Cara ini biasa digunakan dengan kondisi tali yang masih/cukup panjang untuk dibuat dua lingkaran, atau benda yang hendak diikat bisa dimasukan kekolong lingkaran. Lalu bagaimana kali kita hendak membuat simpul di batang pohon, apakah bisa pakai cara biasa ? tentu tidak. Untuk mengikat batang pohon kita bisa menggunakan cara kedua.
2. Membuat Simpul Pangkal dengan ujung tali, nah cari ini yang akan digunakan untuk mengkita benda dengan simpul pangkal yang dibuat dengan cara pertama.
  • Pertama kita anggap benda yang akan kita ikat tumbang/tidur, Tarik dan lingkarkan tali dari bawah, posisikan ujung tali ada disebelah luar.
  • Tari kearah dalam (lihat paling kiri)
  • Masukan ujung tali pada ruang tali yang tercipta (lihat gambar tengah)
  • Dan tarik ujung tali, lalu jadilah simpul pangkal
3. Membuat Simpul pangkal dengan satu tangan, cara ini  biasanya digunakan ketika kita berada diposisi yang sulit untuk menggunakan dua tangan secara bersamaan seperti saat hanging atau menggantung, kalau kita paksa menggunakan dua tangan maka beresiko jatuh dan itu fatal, maka kita dituntut bisa membuat simpul pangkal hanya dengan satu tangan.
  • Kaitkan tali dengan sesuatu (carabiner atau digigit).
  • Ambil tali yang belakang (gambar kiri nomer 2) lalu putar kekanan hingga membentuk dua lingkaran.
  • Lalu satukan dengan tali pertama.
  • Tarik ujung tali dan jadilah simpul pangkal.
Demikian cara membuat simpul pangkal mudah bukan ? tentu sangat mudah selain itu mau tidak mau kalian bisa membuat simpul pangkat tersebut sebab ini adalah simpul wajib bagi para penggiat alam. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply