permainan kelompok, game kelompok, games kelompok, permainan outbound, outbound games, permainan team building dalam ruangan, permainan kelompok dalam ruangan, permainan indoor team building, games teamwork, team building activities, team building games indoor

Outbound | Permainan Team Building Tanpa Alat

Permainan Team Building Tanpa Alat – Outbound merupakan permainan yang sangat menyenangkan. Karena di dalam permainan outbound memerlukan kerja fisik secara langsung seperti melompat, lari, hindaran dan sebagainya. Permainan ini juga mengajarkan kerjasama dalam team, sehingga permainan dalam outbound selalu memerlukan banyak orang untuk melakukannya, jadi outbound ini sangat cocok digunakan untuk membentuk kerjasama tim atau team building dan meningkatkan kecerdasan sosial pemainnya.Dewasa ini sangat jarang sekali permainan kelompok dilakukan. Apa lagi dengan adanya teknologi yang sengaja diberikan orang tua kepada anaknya, misal Smartphone. Biasanya hal tersebut dilakukan bertujuan untuk membuat anak-anak betah dirumah dan tidak main keluyuran. Namun hal tersebut justrus dapat berdampak sebaliknya terhadap diri si anak itu sendiri, si anak akan mengalami anti sosial, fisik yang lemah, sulit bergaul, dan merasa tidak mempunyai teman, dan alhasil akan asyik dengan kehidupannya sendiri. Dulu pada saat perkembangan teknologi masih jadul dimana yang memiliki televisi hanya satu rumah dalam satu kampung, banyak sekali permainan yang bisa dilakukan, seperti Petak Umpet, Kasti, Polisi Maling, atau hanya sekedar kejar-kejar kesanan kemari yang secara kesehatan sangat bagus untuk membentuk kekuatan fisik, meningkatkan konsentrasi dan secara psikologi dapat membuat orang bahagia.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa Permainan dalam Outbound untuk membangun kerjasama tim tanpa alat apapun. yang mudah dan yang pastinya murah. Permainan ini dilakukan dengan memanfaatkan benda atau fasilitas yang ada di sekitar kita atau hanya tubuh kita saja. Berikut merupakan Outbound Team Building tanpa menggunakan alat:

PERMAINAN TEAM BUILDING TANPA ALAT

PERMAINAN KAPAL PERANG

Permainan ini dimainkan dengan banyak orang dan berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 7 orang. Dan setiap kapal mewakili nama masing-masing negara, atau bisa nama yang dibuat sendiri. Selanjutnya setiap kelompok baris berbanjar dan menghadap kelawan atau menghadap kelompok lain. Selanjutnya fasilitator atau penyenggara menyebut nama negara atau nama kelompok tersebut, maka kelompok yang disebut setiap anggota kelompok satu persatu meneriakkan kata CEKKREKKREK (seperti suara senapan yang sudah siapan untuk ditarik pelatuknhya), AWASS, BIDIKK, SIAPP, TEMBAKK, DORRR, dan peserta banjar ketujuh menyebutkan nama negara atau nama kelompok yang akan diserang. Sehingga nama negara atau nama kelompok yang disebut melakukan halyang sama, samapai nanti ada kelompok yang tidak bisa menyebutkan nama lawan dengan sempurna maka dia dinyatakan tenggelam tertembak. Begitu seterusnya hingga tertinggal satu kelompok yang menjadi pemenang dan pantas diberi hadiah, hadiahnya bisa seperti apa saja bisa berupa barang atau bisa berupa dijailin.

baca juga : 5 Permainan Outbound untuk Kerjasama Kelompok

PERMAINAN ADU PANJANG

Kalo ingat permainan ini sampai ketawa-ketawa saya. Kenapa? Karena disini dibutuhkan logika yang cepat untuk beradu panjang barisan dengan kelompok lain. Sampai-sampai kelompok saya lepas baju dan apapun yang melekat ditubuh dimanfaatkan untuk memperpanjang barisan. Penasaran?
Adu panjang merupakan permainan sederhana yang bisa dimainkan ramai-ramai untuk beradu panjang barisan dengan kelompok lainnya. Dalam kelompok bisa berisi 4 sampai 6 orang, tergantung banyaknya peserta yang ikut. Selanjutnya, peserta menbentuk barisan dari depan kebelakang. Lalu instruksikan kepada semua peserta untuk membentuk barisan paling panjang. Barisan ini tidak boleh terputus dari satu sama lain, harus saling terhubung.  Kelompok yang memiliki barisan paling panjang merupakan kelompok yang menang.

Kunci dari permainan ini adalah memanfaatkan barang-barang disekitar untuk menyambung barisan, termasuk barang-barang yang melekat dibadanuntuk membentukan barisan terpanjang. Namun, kunci ini jangan diungkapkan pada peserta. Cukup “berlombalah untuk membuat barisan terpanjang”, biarkan mereka berpikir dengan anggota kelompok mereka dengan tujuan untuk menambah kreativitas mereka dan saling kerja sama untuk menuntaskan masalah yang dihadapi. Kalo saya dulu sampai lepas baju, dan ada temen saya lepas sabuk celana dan alhasil celana yang dipake sesekali hampir mlorot.

PERMAINAN RANTAI NAMA

Anda pasti sudah terbayang permainan apa ini, ia permainan ini adalah permainan yang bertujuan untuk memperkuat ingatan bagaimana mengenal nama dari anggota kelompok. Permainan ini cocok dimainkan pada kelompok yang baru saling kenas, sehingga dengan demikian semua anggota akan saling kenal satu sama yang lain. Dalam permainan ini membutuhkan kemampuan mengingat serta fokus dan mengingat saja. Dan yang terpenting permainan ini sangat mudah dan murah, karena permainan ini tidak memerlukan alat atau bahan apapun.
Pertama yang harus dilakukan adalah, bentuklah kelompok. Selanjutnya, buatlah suatu lingkaran dengan anggota kelompok. Pemainan ini bisa dimulai dari mana saja, nah biasanya dimulai dari ketua kelompok. Orang petama memperkenalkan diri dengan menyebut nama atau bisa ditambahkan hal lain biar lebih seru, misal asal, umur, cita-cita, atau status. Selanjutnya, orang kedua yang merupakan oarang disebelah kanan orang pertama mengulangi apa yang telah disampaikan orang pertamadan kemudian menyebutkan namanya. Misal, “Andi dari Solo, saya Doni dari Magetan”. Kemudian orang ketiga yang berada disebelah kanan orang kedua mengatakan “Doni dari Magetan, saya Joni dari Ngawi”. Selanjutnya, orang keempat melakukan hal yang sama sampai memutar kembali ke orang pertama. Nah bagi yang salah menyebutkan nama bisa diberi hukuman sesuai kesepakatan dari semua anggota kelompok tersebut.

Permainan ini biasa digunakan untuk mengakrabkan sebuah kelompok yang anggotanya belum saling kenal satu sama lain. Namun disisi lain permainan ini biasa dijadikan modus untuk mengetahui setatus orang yang di incar. Seperti nama, nomor hp, rumah, status sudah memiliki pasangan atau belum. Jadi pandai-pandailah memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan.

Demikian Permainan Team Building Tanpa Alat. semoga bermanfaat