Permainan Outbound untuk membentuk Kerjasama Kelompok

Permainan kerjasama kelompok di dalam Outbound memiliki banyak manfaat salah satunya adalah sesuai dengan namanya yaitu membentuk kerjasama tim atau kelompok agar lebih kompak. Dengan kerjasama yang bagus tim atau kelompok berbagai halangan dapat teratasi dengan mudah dan tujuanpun dapat segera tercapai. Melihat dari manfaatnya, permainan outbound memang selalu dicari oleh banyak instansi atau perusahaan untuk membentuk kekompakan tim mereka, bahkan tak jarang dari mereka rela mengundang dan membayar jasa outbond yang cukup mahal demi tim mereka dapat bekerja dengan kompak, tapi apa harus mahal ? tak perlu khawatir berikut ada 5 Permainan outbound yang bisa dipraktekkan tanpa perlu mengundang jasa outbound dan dengan biaya yang murah meriah.

5 Permainan Kerjasama Kelompok

1. Pipa Bocor

Adalah pemainan yang dilakukan secara berkelompok atau bertim yang bertujuan membentuk rasa kebersamaan dan kerjasama tim. Ide dasar dari permainan outbound ini adalah memindah air dari satu tempat ketempat lain dengan menggunakan sebuah pipa yang penuh dengan lubang.
Setiap tim diminta untuk berlomba siapa yang paling banyak memindah air. Dan yang paling banyaklah menang.

Alat dan Bahan :

  • Pipa air sepanjang 1 meter,
  • Ukuran paling besar (disesuaikan),
  • Penutup pipa.
  • Ember
  • Sejumlah tim.

Cara bermain :
Tim memindahkan air dengan menggunakan pipa yang penuh lubang, tiap-tiap anggota tim berusaha menutup lubang agar air tidak keluar dan tim berlari memindahkan air, tim mana yang paling cepat tim tersebut yang menang.

Pesan :
Di dalam suatu organisasi/instansi pasti ada sesuatu yang tidak sempurna baik dari sisi anggota hingga sisi organisasi/instansi sendiri, sehingga harus bersama-sama untuk menutup kekurangan tersebut dengan kerjasama tim.

baca juga :

2. Kawat Listrik

Kawat listrik adalah permainan yang misi utamanya adalah melewati sebuah tali dengan tinggi sebahu yang dibentangkan tanpa nyentuhnya, cara melewatinya adalah dengan melompat atau lewat bagiam atas tali. Ok, Mungkin terdengar mudah tapi bagaimana jika dilakukan berkelompok, bergandengan tangan tak boleh lepas dan salah satu 1 dari anggota tim harus memakai penutup mata.

Di permainan outbound ini dituntut kerjasama tim yang ekstra menguras energi, pikiran dan kerelaan salah satu anggota tim harus jadi tumpuan untuk anggota yang lain dan ada satu anggota perlu perlakuan khusus karena “buta”. Pasalnya di permainan ini menyentuh tali sedikit saja tim harus mengulangi lagi.

Alat dan Bahan:

  • Tali dengan panjang minimal 2 meter.
  • 2 tiang untuk membentang tali

Cara Bermain :
Anggota tim harus bergandengan tangan ( tidak melingkar ) dan bekerjasama untuk melewati “kawat listrik” dari atas tanpa menyentuh. Satu dari anggota menggunakan penutup mata.

Pesan:

Dalam bekerja tidak selalu memiliki anggota yang sempurna di sini tim harus menyadari kita tidak boleh meninggalkan anggota yang tak sempurna tersebut dan harus bekerjasama untuk menyempurnakan kerja tim dan target harus tercapai.

3. Spider Web

Permainan spider web atau jaring laba-laba hampir sama dengan kawat listrik, jika kawat listrik hanya membentang tali, spider web membuat tali menyerupai jaring laba-laba, tim diminta untuk menyebrangkan anggota melalui lubang-lubang jaring tanpa menyentuh tali. Jika menyentuh tali maka harus diulangi.

Alat dan bahan :

  • Sejumlah tali
  • tiang untuk membentang spider web.

Cara bermain :

Tim diminta untuk menyebrangkan anggotanya melalui lubang-lubang jaring tanpa menyentuh tali.
Tim mana yang paling cepat memindahkan anggotanya, ialah yang menang.

Pesan :

Tiap-tiap anggota memiliki tugas untuk mendukung dan membantu anggota yang lain untuk mengatasi permasalahan dan untuk terus berkembang.

4. Si bisu, Tuli, dan Buta

Sibuta, situli dan sibisu adalah 3 orang yang selalu bersama, meskipun masing-masing dari mereka memiliki kekurangan. Bagaimanakan cara mereka bekerjasama? Nah itulah permainan outbound yang ke 4, di sini tim akan terdiri dari 3 orang yang akan memerankan si bisu, tuli dan buta. Di permainan ini tim dituntun untuk bekerjasama untuk mengerjakan suatu tugas yang diberikan oleh instruktur. Mudah? Tunggu dulu selain ada Aturan mainnya.

  1. Area permainan dibatasi dalam sebuah kotak yang dibagi menjadi 9 kotak dari tali.
  2. Beberapa kotak terdapat benda (bola, kaleng, atau apasaja) dan ada beberapa yang diberi jebakan (bebas sebagai tanda tidak boleh lewat).
  3. Kena jebakan harus ulangi. Kena tali, juga ulangi.
  4. Penerima instruksi adalah si bisu.
  5. Yang bergerak adalah si buta.
  6. Si tuli bertugas memberi tahu si buta harus melangkah kemana, dan berusaha mengendalikan si buta agar tidak menginjak tali/jebakan.
  7. Perintah ditulis dan diberikan oleh fasilitator melalui selembar kertas.
  8. Perintah acak, seperti ambil batu kecil, ambil kertas.

Alat dan bahan:

  • Tali rafia secukupnya
  • Benda-benda seperti bola, pencil atau sebagainya.
  • Kertas/papan tulis

Pesan :

Tim yang tidak sempurna bukanlah halangan dalam mencapai tujuan, justru disitu tim harus sadar akan batas diri dan berusaha menutupinya dengan bantuan anggota lain.

5. Menara Air

Dan terakhir adalah permainan menara air, di sini tim diminta untuk menjaga sebuah wadah air dengan kaki mereka sebagai tiang menara, salah satu anggota yang tidak menjadi menara bertugas mengiri warah air yang ada dikaki timnya, sementara tim berusah menjaga agar air tidak tumpah.

Alat dan Bahan :

  • Ember tempat air
  • Gayung

Cara Bermain :

  • Tim diminta berbaring, menegakkan kaki dan saling menumpukan kaki hingga membentuk sebuah menara.
  • Letakkan ember/wadah air diatas kaki tim.
  • Salah seorang anggota tim ditunjuk untuk bertugas mengisi wadah air.
  • Tim penopang air bertugas menopang dan menjaga air agar tidak tumpah.
  • Air di isi sampai penuh.
  • Yang paling cepat penuh dia yang menang.

Pesan :

Tiap-tiap anggota kelompok/tim ikut memiliki tanggung jawab agar tujuan kelompok/tim tetap berada dalam jalur menuju kesuksesan.

 

Demikian permainan outbound untuk membentuk kerjasama kelompok atau tim yang dapat dilakukan dengan mudah.

Leave a Reply