Motivasi Kenapa Harus Ikut Organisasi

Saat masih muda alasan atau Motivasi Ikut Organisasi memang selalu ada saja dan terkadang lebih kuat meskipun dalam berorganisasi kita seringkali mengalami hal-hal yang tidak menguntungkan secara finansial bahkan tak jarang kita musti merogoh saku sendiri demi kelancaran suatu kegiatan yang sedang kita jalankan.

Tapi itu bukanlah hambatan untuk tidak ikut berorganisasi, kenapa ? Tentu ada banyak sekali keuntungan atau manfaat yang akan kita dapatkan saat mengikuti suatu organisasi. Berikut adalah 10 Motivasi Ikut Organisasi yang bisa kita ambil.

baca juga :

10 Motivasi Ikut Organisasi

1. Membangun Metal dan Sosial
Disaat kita berorganisasi kita akan dihadapkan dengan berbagai macam sifat dan karakter manusia, baik sesama anggota maupun masyarakat. Sebab tidak menutup kemungkinan, organisasi akan mengadakan kegiatan sosial seperti penggalangan dana untuk korban bencana yang menuntut kita turun kejalan, kelampu-lampu merah atau spot-spot lain tempat orang-orang berkumpul, yang pada akhirnya akan membentuk sikap mental dan cara bersosialisai dan interaksi dengan masyarakat.

2. ‎Belajar Leadership
Tentu setiap organisasi menawarkan materi kepemimpinan dengan harapan tiap-tiap anggota memiliki sikap pemimpin yang baik. Selain melalui materi pendidikan, sikap kepemimpinan juga dibentuk melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh organisasi, biasanya dalam setiap kegiatan selalu dibentuk panitia kecil dan disitulah praktek menjadi pemimpin dilakukan.

3. ‎Belajar Manajemen Waktu
Dalam kehidupan berorganisasi kita selalu dituntut untuk berkegiatan demi kelangsungan organisasi, namun perlu diingat bahwa kita juga hidup dalam keluarga dan masyarakat yang posisinya tidak kalah penting dari organisasi, oleh karenanya kita dipaksa untuk dapat membagi waktu dengan baik, sehingga masing-masing dari sisi kehidupan kita tetap berjalan.

4. ‎Membentuk Pola Pikir
Motivasi untuk ikut organisasi nomer 4 adalah membentuk pola pikir, dimana kita akan melihat dan belajar cara berfikir dan sudut pandang yang berbeda dari anggota organisasi dalam menghadapi suatu permasalahan dan pada akhirnya menjadikan kita bijaksana terhadap menangani suatu masalah. Tentu terkadang hal ini secara sengaja tau tidak telah tertanam dalam diri kita saat aktif dalam berorganisasi.

5. ‎Belajar Manajemen Uang
Baik, berogranisasi berkesan membuang-buang uang namun kenyataannya sadar tidak sadar kita telah berusaha belajar menekan pengeluaran pribadi dengan memaksimalkan uang yang masuk ke organisasi, tentunya agar organisasi tidak lagi menyentuh keuangan kita.

Selain itu, secara sadar kita juga belajar mengatur penggunaan uang dalam membelanjakan kebutuhan pada setiap kegiatan. Tak jarang berharap ada sisa uang dari kegiatan untuk sekedar minum teh bersama.

6. ‎Belajar Mengambil Keputusan
Menetukan suatu keputusan ternyata bukan perkara yang mudah sebab dibalik keputusan resiko yang harus ditanggung. Nah kemampuan berfikir untuk memprediksikan dan mengetahui apasaja resiko atau efek dari keputusan itulah yang akan dipelajari melalui kegiatan-kegiatan di organisasi.

7. ‎Memahami Kenapa Suatu Kebijakan dan Keputusan Diambil
Adanya kebijakan atau keputusan yang muncul dalam organisasi sudah menjadi hal yang lumar, bahkan sikap menentang atau tidak setuju terhadap suatu keputusan atau kebijakan dari pemerintah (misalnya) pun wajar, namun perlu diketahui, penolakan tersebut bukan hanya sekedar menolak tapi memang ada dasar yang menyebabkan kebijakan atau keputusan itu ditolak. Begitu juga dengan pengambilan suatu kebijakan/keputusan. Hal semacam ini akan kalian temui ketika kalian ikut berorganisasi, mungkin kalian juga akan terlibat dalam pembuatan kebijakan tersebut atau jadi bagian dari penentang kebijakan.

8. ‎Membangun Semangat dan Ketahanan Kerja
Jika kita pahami betul-betul program kerja suatu organisasi itu pasti banyak dan dirancang hingga periode jabatan itu selesai, ya seminim-minimnya sampai setahun. Dengan adanya anggota lain dalam organisasi, serangkaian kegiatan tersebut tidak akan terasa menjadi beban sebab dilakukan secara bersama, bahkan secara tidak langsung akan melatih ketahanan kerja kita, yang semula butuh waktu sebulan untuk membuat proposal, tanpa disadari sudah mampu membuat proposal hanya dalam seminggu dan ini sangat bermanfaat dalam dunia kerja nanti.

9. ‎Berlomba-lomba Dalam Prestasi
Sebagai salah satu wujud jiwa muda, rasa tidak puas dalam suatu capaian adalah wajar, apalagi ada rival yang siap menyaingi capain-capain yang telah kita capai sehingga semangat untuk melakukan sesuatu yang lebih baik menjadi sebuah tantangan baru dalam berorganisasi.

10. ‎Belajar Terbuka Dalam Menerima Kritik dan Saran
Dalam kehidupan beroganisasi memiliki pola pikir dan cara pandang terhadap suatu masalah yang berbeda adalah hal yang biasa, dan perbedaan itu tak jarang berujung pada konflik, namun disini kita akan belajar bagaimana kita bisa menerima setiap pemikiran, kritik dan saran sebagai salah satu cara untuk memperbaiki diri dan terus berkembang kearah yang baik.

11. Komitmen
Poin bonus dan terakhir dari motivasi untuk ikut beroganisasi dimasa muda adalah, belajar berkomitmen, komitmen bukan hanya sebuah omong kosong, meski secara kata komitmen berarti janji, komitmen tidak hanya sebatas itu, tapi juga bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu. Komitmen dalam organisasi adalah keharusan, tanpa sebuah kesungguhan program-program organisasi tidak akan berjalan lancar.

Leave a Reply