8 Tugas Utama Pemimpin Dalam Organisasi

apa saja tugas pemimpin,apa tugas pemimpin,jelaskan tugas pemimpin,pengertian dan tugas pemimpin,peranan dan tugas pemimpin,syarat dan tugas pemimpin dalam islam,tugas dan fungsi pemimpin,tugas dan fungsi pemimpin umum,tugas dan fungsi seorang pemimpin,tugas dan wewenang pemimpin,tugas fungsi pemimpin,tugas pemimpin,tugas pemimpin adalah,tugas pemimpin dalam organisasi,tugas pemimpin dalam perusahaan,tugas pemimpin dalam sebuah lembaga,tugas pemimpin di organisasi,tugas pemimpin kelompok,tugas pemimpin keluarga,tugas pemimpin team,tugas pemimpin tim,tugas pemimpin usaha,tugas seorang pemimpin


Tugas pemimpin secara umum adalah membimbing dan mengarahkan anggota tim, kelompok atau organisasi agar dapat menuju kearah yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan  yang sudah dibuat bersama. Karena Pemimpin adalah orang yang memiliki beban tanggung jawab atas tercapainya visi, misi dan tujuan tersebut.

baca juga :

Simple.. Tapi benarkah sesimple itu tugas seorang pemimpin ? bagaimana sih maksud dari tugas pemimpin yang membimbing dan mengarahkan tersebut ? Apakah suka memerintah? Apakah suka bekerja ? Atau cuma ngewasi aja ? Atau membuat segudang aturan ini dan itu? Atau ????

Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan

baik, kita samakan persepsi kita dulu. bahwa sesuatu yang disebut “pemimpin” dan “kepemimpinan”  merupakan dua hal yang berbeda. Pemimpin adalah seseorang yang menjadi ketua dari sekelompok orang yang bertugas mewakili mereka dalam beberapa kondisi yang memerlukan satu komando agar tujuan bersama dapat tercapai.

Sedangkan Kepemimpinan adalah kemampuan yang dimiliki oleh pemimpin tersebut untuk dapat mengkondisikan kelompokknya agar tujuan bersama dapat tercapai.

Ok, dan sekarang  kita akan bahasa pemimpin dahulu. untuk pembahasan kepemimpian boleh baca di Materi Dasar Kepemimpinan.

Pertama saat kita mempelajari materi keorganisasian kita tau bahwa, Seorang pemimpin hadir ditengah-tengah sekumpulan orang yang memiliki tujuan, keinginan, harapan, impian yang sama. Kehadirian pemimpin ini dimaksudkan agar setiap pergerakan orang-orang di dalam kelompok menjadi lebih fokus dan terarah sehingga tujuan segera tercapai.

Kehadiran pemimpin pun sebenarnya tidak serta merta hadir begitu saja, ada prosesi yang harus dilalui terlebih dahulu, mengingat tanggung jawab akan impian, tujuan dan harapan semua orang yang nantinya akan dibebankan padanya.

Di dalam rangkaian prosesi pemilihan seorang pemimpin tersebut selalu diusahakan dan diharapkan untuk memperoleh seorang pemimpin yang setidaknya memilik sifat-sifat berikut :
– Amanah
– ‎Jujur
– ‎Komunikatif
– ‎Cerdas

Karena sifat-sifat tersebut sangatlah berpengaruh terhadap peran seorang pemimpin dalam tugas tugas yang akan dia emban.

8 Tugas Utama Seorang Pemimpin

Tugas seorang pemimpin sebenarnya sangatlah banyak, bergantung dengan visi, misi dan tujuan dari tim, kelompok, komunitas, club atau organisasi yang dia pimpin.
Dalam penjabaran atas pengertian tugas pemimpin yang membimbing dan mengarahkan organisasi dapat kita break down menjadi 8 point tugas utama seorang pemimpin :
1. Problem Solving
Mustahil jika sebuah kelompok, tim, ataupun organisasi terbebas dari suatu masalah, sudah hukum alam  apabila satu orang dengan orang lain berkumpul dan memiliki perbedaan pendapat dan cara pandang terhadap suatu permasalah yang harus berujung pada konflik dan di sinilah peran seorang pemimpin untuk menjadi tokoh penyelesai masalah yang menyelesaikan masalah dengan segala data, informasi, kecerdasan dan kebijaksanaan yang dimiliki.
Pantang bagi seorang pemimpin menyelesaikan masalah tanpa adanya data dan informasi yang valid. Pemimpin juga harus siap akan problem yang datang dari luar sebab konflik tidak hanya terjadi atau berasal dari internal organisasi tapi juga terjadi berasal dari eksternal organisasi.
2. Memberi Suggesti
Suggesti atau rangsangan terhadap anggota organisasi adalah wajib dilakukan oleh seorang pemimpin, mengingat keberadaan orang atau individu di dalam organisasi tidak selalu sejalan dengan visi, misi dan tujuan organisasi, meskipun hal tersebut dilakukan atas kesadaran sendiri maupun tidak, faktanya banyak anggota-anggota organisasi dengan atau tanpa disadari telah melakukan tindakan yang sebenarnya bertentangan dengan visi, misi dan tujuan organisasi. Dan tugas seorang pemimpin adalah merangsang atau mensugesti anggota organisasi agar tetap menjaga kehormatan organisasi, kekompakan antar anggota dan tetap bergerak dijalur yang sudah ditentukan.
3. Support
Support atau pendukung adalah salah satu tugas pemimpin, meskipun pemimpin berada pada barisan terdepan dalam organisasi tapi perlu diketahui bahwa pemimpin juga bertanggung jawab atas kemajuan anggota-anggotanya dalam melaksanakan program kerja yang sudah ditentukan oleh organisasi.
Jika anggota tidak mendapat dukungan dari pemimpin maka bisa jadi program kerja tidak bekerja sesuai dengan rel yang sudah dibuat.
4. Katalisator
Dalam organisasi ada kalanya anggota merasakan kejenuhan dengan kegiatan yang dirasa monoton sehingga kinerja anggota organisasi menurun sehingga peran pemimpin sebagai katalisator sangat diperlukan untuk memberikan rangsangan, motivasi agar angggota terus menggerakkan dan beesemangat untuk berorganisasi yang baik, dengan begitu kekompakkan, kinerja dan semangat anggota tetap terjaga.
5. Pelindung
Dengan keanekaragaman karakter yang bercampur di dalam organisasi seringkali menimbulkan rasa tidak nyama yang membuat beberapa anggota merasa tidak aman dan khawatir “tertular” kebiasaan atau perilaku yang dianggap “tidak baik” dari anggota yang lain, sehingga seorang pemimpin perlu memberikan perlindungan dan menciptakan iklim (suasana) organisasi yang nyaman bagi anggotanya.
Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan beberapa aturan  dan menerapkan sanksi tegas terhadap pelanggaran terhadap aturan yang sudah dibuat.
6. Mewakili Organisasi
Meskipun organisasi memiliki banyak anggota dan masing-masing anggota ikut menjadi wakil organisasi namun perlu diingat yang berada dibaris terdepan adalah pemimpin.
Selain mengurusi anggota dan pengelolaan internal organisasi itu sendiri, Tugas pemimpin yang sangat jelas adalah mewakili organisasi.
Hal ini dapat terlihat saat ada perkumpulan antar club, komunitas, atau organisasi untuk membahas suatu program kegiatan bersama.
Sehingga di sini pemimpin memiliki tugas menghubungkan organisasinya sendiri dengan organisasi lain.
7. Sumber Inpirasi
Tidak dapat dipungkiri bahwa karakter yang menempel pada diri seorang pemimpin sering dijadikan sebagai tolok ukur karakter secara umum dari suatu organisasi. Baik atau buruknya organisai ada pada pemimpin.  Kesimpulan tersebut didasarkan pada “pemimpin adalah contoh” yang dapat ditiru dan menjadi inspirasi  bagi anggota-anggotanya.
Tak jarang jika seorang pemimpin yang memberikan contoh tidak baik dapat menimbulkan pertentangan dan berujung pada ketidak percayaan anggota kepada pemimpin. Bisa jadi muncul kelompok baru dalam organisasi yang menentang kepemimpinan seorang pemimpin.
8. Memberi kepercayaan
Memberikan kepercayaan kepada anggota merupakan salah satu tugas pemimpin yang sangat mendasar, sebab dengan memberikan kepercayaan pada anggota adalah bentuk pengakuan seorang pemimpin terhadap kompetensi atau kemampuan atas anggota-anggotanya dalam menjalankan tugas dari organisasi.
Pengakuan atau kepercayaan yang diberikan pada anggota, secara tidak langsung dapat mendongkrak pencapaian terbaik dari anggota-anggotanya.
Selain memberikan kepercayaan, seorang pemimpin wajib memberikan suatu penghargaan atau reward atas pencapaian yang dicapai oleh anggotanya.
Dengan memahami 8 tugas pemimpin di atas diharapkan seorang pemimpin dapat membawa organisasinya mencapai visi, misi dan tujuan yang sudah ditetapkan tanpa ada perpecahan dan permasalahan lain dalam tim, kelompok, komunitas, club atau organisasi.
Contoh Real dari pemimpin ( leadership )
berikut adalah salinan dari situs http://www.indoshe.com/contoh-perilaku-leadership/ yang membahas tentang contoh leadership.
  1. Memberi bantuan kepada bawahan ketika mendapatkan kesulitan
  2. Melibatkan bawahan di dalam menyelesaikan suatu masalah
  3. Memberikan banyak perhatian pada  kerapian, pemenuhan, dan pencapaian bawahan, daripada kepada kesalahan penyimpangan dsb
  4. Berdiri di depan waktu timbul masalah
  5. Menyampaikan nilai-nilai moral dan keyakinan yang mulia dalam hidup
  6. Selalu ada pada saat diperlukan karyawan
  7. Selalu mengajak bawahan untuk berani melakukan terobosan dalam menyelesaikan masalah
  8. Selalu bicara optimistis mengenai masa depan
  9. Menanamkan kepercayaan diri yang kuat pada bawahan
  10. Membicarakan dengan jelas siapa yang bertanggung jawab untuk mencapai target-target yang ditetapkan
  11. Mengemukakan dengan penuh semangat kepada bawahan tentang hal-hal yang perlu dicapai
  12. Menekankan kepada bawahan pentingnya mempunyai tekad yang kuat untuk mencapai suatu tujuan
  13. Meluangkan waktu untuk memberi tahu tentang bagaimana mengerjakan sesuatu
  14. Memberi tahu dengan jelas apa imbalan yang diperoleh kalau seseorang mencapai tujuan kerjanya
  15. Menunjukkan keyakinan bahwa “kalau sesuatu cara kerja masih berjalan baik, cara itu tidak perlu diperbaiki/diubah”
  16. Mengabaikan kepentingan pribadi demi kebaikan kelompok
  17. Memperlakukan  bawahan dengan baik sebagai individu
  18. Bersikap membangun rasa hormat
  19. Pandai mengarahkan bawahan pada visi ke depan
  20. Membantu bawahan dalam mengembangkan kekuatan dan kelebihannya
  21. Menyarankan cara-cara baru kepada bawahan melihat bagaimana menyelesaikan suatu tugas
  22. Menyatakan kepuasan bila bawahan menyelesaikannya dengan baik
  23. Memenuhi apa yang bawahan butuhkan untuk bisa menyelesaikan tugas dengan baik
  24. Mendorong bawahan untuk mencapai lebih dari yang diharapkan
  25. Bekerja sama dengan baik bersama bawahan