MEMILIH PERLENGKAPAN untuk MENDAKI GUNUNG

alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Lapak ane gan | at. Home



Hello gank…!!

Familiar nggak seeh dengan sapaan ini. Bagi temen-temen yang pernah ikut kegiatan pendidikan dasar (diklat) panjat tebing atau ke-pecinta_alam-an lain, kayak sudah pernah mendengarkannya. โ›บ. Begitu juga dengan ane yang kangen dengan sapaan itu, udah lama ni nggak ikut kegiatan seperti itu…
…Dengan mengikuti kegiatan pendidik dasar kepecintaalaman, tentunya juga akan diberi list perlengkapan yang harus dibawa bukan. Seperti ane yang waktu dulu masih asing dengan perlengkapannya.

…Awalnya ane sangat menyepelekannya, dengan sombongnya ane katakan bahwa ane kuat dan mampu melewati hari-hari di alam, meskipun ane tak bawa salah satu dari perlengkapan itu. Dan kenyataan yang ane dapat,,,, sadis brooo ๐Ÿ˜ญ udah kena hukuman, sengsara pula melewati malam-malam yang dingin.

…Berawal dari pengalaman itu, terketuk hati ini untuk tetap terus melengkapi perlengkapan ane, meskipun itu membutuh biaya dan waktu yang cukup lama. Terlebih setelah ane ikut kegiatan seperti itu, ane menjadi sangat hobi naek gunung. Kenyamanan dan Kenikmatan dalam mendaki pun, tergantung kelengkapan dan fungsi perlengkapan yang dibawa.

…Apalagi ane masih suka melihat beberapa pendaki, entah itu pendaki amatir, pemula atau pendaki tolol ane tak tahu. Yang ane tahu hanyalah miris.

…Untuk itulah, ane kasih beberapa perlengkapan yang ane bawa sewaktu mendaki gunung atau berkegiatan di alam. Ini versi ane, buka versi yang seharusnya. Jika pun kamu memiliki tambahan, silahkan dikomen yess.. ๐Ÿ˜‰

=============================================================
Keril / Daypack (Tas)
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Consina 75l | at. Gunung Slamet

Uraian : Ada yang bilang ke ane. “Broo, kalau mau nyari keril, itu kayak nyari pacar broo, kalau nggak cocok, bakal kelar hidup luu brooo”. dan setelah ane pikirkan. “oh iya ding, ada benarnya juga” padahal ane jomblo … hahaha ๐Ÿ˜‚

Bingungkan, kenapa keril itu di anggap pacar? ๐Ÿ˜ช Awanya ane juga gitu. Jadi kiasan tersebut maksudnya kek gini: 

Keril adalah bagian terpenting dalam sebuah pendakian. Semua perlengkapan yang akan kita bawa, masuk kedalam keril (Meskipun disitu, didalam packing list juga ada tas pinggang yang harus dibawa). Maka dengan total beban dari semua berat perlengkapanmu, tertumpu pada pundakmu. Jadi jika kamu memilih tas keril secara sembarangan, dan kebetulan itu tak cocok dengan postur tubuhmu. Udah berat beban lo di pundak, belum beban lo langkahkan kaki di trek yang terjal, belum beban lo yang lain jika membawa pacar. Itu anak orang loo, masak disia-sia, kalo ane mah woles. Jomblooooo ๐Ÿ˜Ž

Ukuran keril, umumnya yang dipakai untuk mendaki gunung, adalah 45L s/d 60L. Ane sendiri punya keril 2. Tapi yang sering ane pake ketika mendaki gunung yang ketinggian nya diatas 2000mdpl, ane suka memakai milik ane yang Consina 75L. Itu pacar ane vroooh. 

Tips : Sebelum membeli, pinjamlah dari beberapa teman yang sudah memiliki keril, Coba dan rasakan di punggungmu, apakah sudah sesuai atau belum. Jika belum pinjamlah kebeberapa temen kamu yang memiliki keril yang berbeda sampai kamu benar-benar pas di punggungmu. Jika sudah menemukan, carilah dan beli yang sesuai dengan yang kamu pinjam tadi. Harga bukan masalah untuk case ini. 

Harga : ane beli dari toko yang bukan dari tokonya langsung. Ane beli di Toko penjual perlengkapan mendaki dengan harga Rp.475.000,- . Pembelian ditahun 2013 akhir. Kalo sekarang (2016), dengan bentuk dan merk yang sama, harganya sudah sampai di angka 600an.

=============================================================
Tas Pinggang

alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Tas Pinggang yang selalu menemani perjalana ane | at. Gn. Lawu


Uraian :
 Tak ubahnya dengan keril diatas. Yang berfungsi menyimpan perlengkapan yang relatif  kecil dan memiliki fungsi yang responsive. Misalnya, ( kamera), (dompet), (kunci), (P3K), (pisau-lipat), (tali) dll

Tips : Selera setiap orang beda nih. Jadi gunakanlah yang sekiranya itu bisa menampung sedikit banyak (labil nih kata-katanya ๐Ÿ˜)

Harga : Milik ane itu merk Eiger. Ane beli tahun 2013 dengan harga saat itu Rp.150.000,-. Sampai sekarang masih sangat bagus dan masih berfungsi sangat baik. Padahal selalu menemani setiap perjalanan ane.

============================================================= 
Sleeping Bag (Kantung Tidur)

Jangan anggap enteng untuk kebutuhan ini gan. Merupakan komponen penting yang bisa digunakan dalam menikmati suasana diatas gunung yang sunyi dan dingin. Eh… sekarang gunung gag lagi sunyi ding..๐Ÿ˜.  

Tips : Carilah yang berbahan polar yang tebal. Dengan double layer didalamnya. Mungkin akan memakan cukup banyak ruang didalam keril. Tapi itu tak berpengaruh karena itu juga demi kenyamanamu diatas. Bisa juga menggunakan sarung, tapi double.

Harga : Milik ane merk Avtech (Foto menyusul yes), Pembelian ditahun 2013 awal, dengan harga Rp.175.000,-  double layer, tapi masih kerasa dinginnya. ๐Ÿ˜ .. yaaa jika dikasih lebih lah, mau upgrade lagi ane…

============================================================= 
Matras (Alas Tidur)

Sebagai alas tidur. Berfungsi menahan suhu tubuh terserap ke dalam tanah. Umunya seeh, semakin tebal biasanya semakin hangat. Namun yang perlu dipertimbangka juga adalah ruang didalam keril.

Tips : Jika memungkinkan, gunakanlah yang berbahan alumunium oil. Beberapa pendaki yang ane kenal merekomendasik itu, karena lebih kuat untuk menjaga suhu tubuh.

Harga : Harganya dikisaran Rp.35.000 s/d Rp.50.000,-.  

============================================================= 
Headlamp


alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Fokus ke headlamp nya yes | at. Gunung Api Purba

sesuai namanya, merupakan lampu kepala yang berfungsi sebagai penerangan. Tapi, kenapa harus Head Lamp? kenapa tak senter biasanya aja. 

Sebagai gambaran aja ni ya. Trek mendaki itu, cenderung menanjak kan? Nah untuk menanjak, dengan beban keril yang sudah cukup berat, maka mau tak mau nanti tangan akan beralih fungsi sebagai penyimbang tentunya. mencoba meraih bebatuan-atau akar-akaran untuk membantu naik di setiap tanjakan.

Jika hari masih terang, okay, fine. Tapi bagaimana jika sudah gelap. Maka kamu harus merelakan salah satunya. Meraih bebatuan untuk membantumu naik tapi tak dapat penerangan atau Dapat penerangan tapi kami tak bisa naik. ๐Ÿ˜…

Bukan berarti senter tangan tak berguna. Hanya merekomendasikan sajaaa. Karena apapun alasannya, kita akan membutuhkan penerangan jika di gunung nantinya. Masak iya mau bawa Jenset…. ๐Ÿ˜‚

Tips : Jangan gunakan headlamp Charge-an. Gunakanlah headlamp dengan menggunakan baterai AAA sebagai dayanya. Dengan begitu jika sewaktu-waktu habis, atau nggak sinarnya yang mulai meredup, bisa di ganti dengan baterai cadangannya.

Harga : Seperti yang sudah-sudah, ada harga ada rupa. Semakin mahal harga nya, semakin joss juga penggunaannya. Ane dulu pernah beli merk EIGER, pembelian ditahun 2012, dengan harga Rp.70.000,-. Tapi ane sekarang memakai dengan merk yang lain. Ane lupa merk nya yang harga Rp.50.000,- . Bukan berarti yang ane beli buruk atau semacamnya. Ane lebih mencari nyamannya. 

Headlamp ane yang Eiger juga masih ada dan masih suka ane gunakan sampai sekarang, namun ane gunain sebagai cadangan. 

=============================================================
Jas Hujan

alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Mantel Betmen

Uraian : Sangat disarankan untuk menggunakan semacam Mantel Betmen. Selain utuk jas hujan, nantinya juga akan berfungsi sebagai Flysheet atau cover tambahan untuk tenda.

Tips : Jangan lupa untuk memperhatika bahannya. Jangan yang plastik sekali pake itu ya. Jika untuk backup seh, nggak apa-apa. Jangan engkau gadaikan kenikmatan menerjang hujan di gunung dengan Mantel yang murahan. Walaupun hal semacam itu, tak disarankan sebenere. ๐Ÿ˜‹ 

Harga : Di toko-toko dipinggir jalan banyak memperjualkan., namun dengan kualitas seadanya. Ane memiliki ponco dengan harga Rp.60.000,-. Pembeliannya kapan ane lupa. Tapi masih suka ane bawa ketika naik gunung. Udah sobek tapi masih bisa dipake.

=============================================================
(Tenda)
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Tenda ane Uk.2 | at. Pantai Jungwok

Uraian : Merupakan kebutuhan yang paling krusial disebuah pendakian. Gimana tidak coba. Ane aja yang pake tenda masih suka kedinginan. Itupun ane sudah pakai SB, didalam SB ada sarung, didalam sarung ada jaket, didalam jaket sudah ada kaos double 2, ditambah sarung tangan, kaos kaki, dan kupluk. Apalagi kalo gag pake tenda. Sungguh,, ne bener-bener tak bisa ngebayangin. Setebal kulit badak kah kulitnya..

Tips : Jika ingin membeli tenda. Perhatikan jam terbangmu yang ingin kamu ambil untuk menghabiskan waktu mu untuk mendaki. Bila masih sesekali saja mendaki, lebih baik pinjam aja. Boleh pinjam ke temen, boleh juga pinjam ke tempat peminjaman yang biasanya di pathok Rp.25.000,-/hari.

Harga : Tergantung merk, kapasitas, dan kualitasnya. Ane punya tenda EIGER TRANSFORMER 2, untuk 2 orang. Bisa dimaksimalkan 3. Pembelian ditahun 2013 dengan harga yang ane dapat saat itu Rp.495.000,-sampai sekarang masih suka ane pake. Untuk kualitasnya cukup baik, sejauh ini kemungkinan terburuk yang pernah ane rasakan adalah rembes. Itupun karena ane memasang patok yang salah. Sisanya relatif.

===============================================================
(Peralatan Masak)

alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Fokus ke Tangan ane ya Gan | at. Pantai Greweng

Uraian : Peralatan masak ini buanyak jenis nya gan. Ane sendiri memakai jenis nesting kayak di gambar. Barbahan aluminium, berbentuk persegi panjang. Ada tiga yang masing-masing memiliki ukuran yang berbeda, begitu juga dengna fungsinya.

Bersifat : Menyesuaikan.

Kategori : Tim / Personal 

Tips : Tak ada tips khusus dalam  memilih peralatan memasak. Tergantung selera seeh sebenere. Kalo ane sendiri meski sudah ada Nesting TNI ini, ane malah pengen punya Cooking Set D300, hahaha,, namanya juga manusia gan. Gag ada puasnya.

Harga : Untuk harga nesting TNI yang ane pake itu, kisaran Rp.140.000,- s/d Rp.160.000,- 

===============================================================
(Kompor Lapangan)
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
ada Nesting, ada kompornya | At. Pantai Jungwok

Uraian : Kompor yang sudah sama-sama diketaui, yang berfungsi untuk masak. Namun kompor disini banyak bentuk dari variasi. Seperti miliki ane diatas. Ane memakai kompor model Curve yang memakai bahan bakar Gas. Ada juga yang lain, seperti kompor lapangan milik TNI yang berbahan bakar parafin.

Tips : Apapun jenis kompornya, tetap sediakan bahan bakar cadangannya. 

Harga : Ane beli kompor tersebut belum lama ini. Meskipun di tempat lain ada yang lebih murah, ane dapat disekitar tempat ane dengan harga Rp.130.000,- 

===============================================================
Peralatan makan

Uraian :  Macamnya seperti sendok, piring, dan gelas.

Tips : Untuk mengurangi ruang dalam keril. Biasanya ane cuman bawa gelas dan sendok. Untuk piring biasanya ne join sama temen-temen pake nesting. Bisa juga pake botol Aqua, entah buat piring atau buat gelas.

Harga : ane kagak tau gaaana, lawong ane sendiri suka memakai barang orang lain. termasuk ini. ๐Ÿ˜‹ 

=============================================================
Botol Air Minum
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
taruh di tempat yang terjangkau. Jika haus, tinggal sedooooot ooom…. | At. Gunung Lawu

Uraian : Sangat diperlukan. Selain untuk kebutuhan memasak. Juga berguna saat digunakan dalam perjalanan.

Tips : Berpatok dari porsi ane Pas mendaki sendiri. Biasanya ane membawa tiga botol air. Masing-masing 1 Liter. ukuran tanggung, dan 1 botol lagi untuk ane pake pas di perjalanan (lihat gambat diatas)

Untuk perjalanan, pastikan ada pengaitnya, dan kaitkan di tempat yang mudah terjangkau, selama tak menghalangi sat berjalanan. Biar sewaktu-waktu haus, kamu tak perlu lepas keril hanya untuk ngambil air. Waktu di gunung itu mahal broooo

Harga : Ane punya merk EIGER 1/2L. Harga nya Rp.70.000,-  

===============================================================
(Sarung Tangan)
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
tangan ane kedinginan | at. Gunung lawu via Cemoro Kandang

Uraian : Sarung tangan disini memiliki fungsi yang banyak, ketika tidur berfungsi memberi kehangat di area tangan. Sedangkan saat di perjalanan berfungsi sebagai pengahangat sekaligus pelindung saat tangan meraih sesuatu sebagai penyeimbang ketika ditanjakan, atau sebagainya.

Bersifat :Wajib

Kategori : Personal

Tips : Mengingat fungsi dari perlengkapan sebagi penunjang kenyamanan saat digunung. Sesuaikan dengan isi budget mu gan. Semakin mahal semakin bagus. Bila memungkinkan, sediakan 2 pasang. Satu untuk tidur, satu lagi utuk digunakan waktu di perjalanan. Jikapun pas diperjalanan takdipake. Bisa digunakan untuk tidur juga. 

Harga : Milik ane, hanyalah merk abal-abal gan. Harganya cuman Rp.20.000,- doang. Itu memang ane masih ngerasain dingin. Yaah walaupun begitu, ane tetep pengen nyari lebih bagus dari itu laah. Untuk standartnya, harganya biasanya di angka Rp.100.000,-. Itu sangat terjangkau, mengingat fungsinya saat ada digunung.

===============================================================
(Jaket)
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Jaket Rigi, hibah dari seorang kawan | at. POS 9 Gn. Slamet
Uraina : Perlengkapan wajib yang harus dibawa. Jaket disini, bukanlah jaket yang digunakan oleh orang-orang pada umumnya. Jaket ini haruslah memberi perlindungan, setidaknya dari terpaan angin gunung yang berpotensi terkena gejala Hypotermia. Biasanya bahan yang sering digunakan adalah windproff yang memiliki double layer.

Bersifat : Wajib

Kategori : Personal

Tips : Dewasa ini, begitu banyak pilihan di toko-toko outdoor. Jadi sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Pertimbangkan juga dengan ruang yang akan digunakan didalam keril untuk menyimpan Jaket. Karena umumnya, jaket memiliki ukuran yang cukup menghabiskan ruang di Keril.

Harga :  Untuk harga dikisaran Rp.200.000~Rp.400.000 masihlah sangat terjangkau. Mengingat peralatan ini adalah peralatan yang paling wajib dibawa. 

===============================================================
(Pakaian Ganti)

Uraian : Dianjurkan yang memiliki bahan yang mudah menyerap keringat. Ringan dan mampu menjaga suhu tubuh. (kira-kira kayak gitu ada gag sih). 

Tips : Yang perlu diperhatikan sebelum me-packing adalah, lama pendakian, medan yang dilalui, keadaan cuacanya. Jika waktu pendakian yang terhitung dari rumah sampai rumah lagi sekitar 2 hari maksimal 3 hari perjalanan. Bawalah Tiga stel pakaian. Masing-masing digunakan saat berangkat, tidur, dan perjalanan pulang.

Harga :  Untuk harga dikisaran Rp.200.000~Rp.400.000 masihlah sangat terjangkau. Mengingat peralatan ini adalah peralatan yang paling wajib dibawa. 

===============================================================
(Kaos Kaki)
Uraian : Sebagai penunjang kenyamanan dalam berjalan maupun tidur. Selalu sertakan dalam packing list mu untuk perlengkapan ini sebanyak dua pasang. Satu pasang dikhususkan untuk tidur, sisanya digunakan saat diperjalanan.

Bersifat : Wajib (dua pasang)

Kategori : Personal

Tips : Untuk tidur, usahakan untuk memakai yang berbahan Wol. Sedangkan untuk perjalanan, sesuai dengan medan yang akan ditempuh.

Harga : Masih relatiflah. Kisaran Rp.20.000 ~ Rp.60.000. Sesuaikan isi budgetmu. 

 =============================================================== 

(Sepatu)

alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Kakimu, adalah asetmu (ane:kiri) | At. Gn. Slamet

Uraian : Jangan sok-sok mendaki gunung dengan sepatu asal-asal an. Banyak kasus cidera yang sering dialami pendaki karena mereka salah menggunakan Sepatu. 

Tips : Carilah sepatu yang memiliki teksturyang kuat tapi ringan ketika diajak jalan. Setelah membeli pun, jangan lupa dipakain untuk keseharian sebelum diajak mendaki.

Ane sendiri punya yang merk SNTA seperti diatas. Memiliki beban yang ringan, namun sayangnya memiliki body yang lembut. Walaupun begitu, sampai sekarang sepatu itu sudah melindungi kaki ane dari berbagai medan gunung yang pernah ane lalui. Karena kaki adalah asset yang sangat berharga didalam pendakian, lindungilah dengan semaksimal mungkin.

Harga : Standartnya, dengan kualitas yang menjamin kakimu lebih aman dan nyaman, adalah berkisar antara Rp.200.000 ~ Rp.600.000. 

 =============================================================== 

 Sendal Gunung

Uraian : Berfungsi sebagai alas untuk beraktifitas ketika sudah berada di camp pendirian tenda. 

Tips : Gag usah ngeyel ya, jangan membawa sendal melly atau swallow. Karena selain untuk aktifitas di camp, juga berfungsi sebagi backup saat dimana Sepatu terpaksa harus dilepas.

Harga : Sudah banyak beredar dipasaran yang cukup baik. Dari segi penampilan, rata-rata dipathok dari harga Rp.50.000 ~ Rp.100.000. 

 =============================================================== 

Topi Rimba
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
menghalangi cahaya yang menyilaukan mata | at. Kep. Seribu

Uraian : Sangat berguna ketika cuaca sangat menyengat. Walaupun begitu ketika hujan sekalipun, perlengkapan ini juga memiliki fungsi tersendiri.

Tips : Carilah dengan bahan yang biasa digunakan oleh para TNI. Dari segi kekuatan, biasa nya sudah terjamin ketahanannya.

Harga :  Belilah di toko kebutuhan TNI dan POLRI. Memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang sudah terjamin. Ane beli waktu itu di toko perlengkapan TNI dengan harga  Rp.60.000

 =============================================================== 

 Kupluk / Masker
alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
Buff ane pake buat masker | at. Wisata Kaliadem

Uraian :  Dewasa ini yang pasaran sudah banyak menyediakan perlengkapan mendaki yang banyak variasinya. Untuk dua perlengkapan ini, cukup membawa satu perlengkapan yang dinamakan Buff. Memiliki fungsi yang sangat banyak, diantaranya bisa digunakan untuk Kupluk sekaligus Masker.

Tips : Biasanya, alat yang memiliki fungsi lebih dari satu, memiliki kualitas yang tak bisa menjamin. Untuk itu, selalu Sediakan kupluk dan slayer sebagaimana fungsinya. Karena perlangkapan ini tak terlalu memakan ruang, jadi sebaiknya membawa lebih dari satu. Ane sendiri selalu membawa 3 buah. Dua adalah Buff sedangkan sisanya Slayer

Harga : Cukup variasi dan sangatlah terjangkau. Ane sendiri beli dengan harga  Rp.20.000

 =============================================================== 

Tracking  Pole

alat panjat tebing, artikel panjat tebing, atlet panjat tebing, belajar panjat tebing, berita panjat tebing, cara latihan panjat tebing, cara panjat tebing, cara panjat tebing yang benar, cara panjat tebing yg benar, definisi panjat tebing, ekspedisi panjat tebing, gambar panjat tebing, gambar panjat tebing hitam putih, gambar panjat tebing wanita, gambar peralatan panjat tebing, ilmu panjat tebing, induk organisasi panjat tebing, info lomba panjat tebing, istilah lain panjat tebing, istilah olahraga panjat tebing, jenis panjat tebing, komunitas panjat tebing, nama lain panjat tebing, olahraga panjat tebing, olahraga panjat tebing adalah, organisasi panjat tebing, organisasi panjat tebing indonesia, organisasi panjat tebing internasional, panjat tebing, panjat tebing adalah, panjat tebing alam, panjat tebing anak, panjat tebing anak2, panjat tebing asia, panjat tebing bali, panjat tebing federasi, panjat tebing indonesia, panjat tebing jatim, panjat tebing jawa timur, panjat tebing pemula, panjat tebing speed, runner panjat tebing, sejarah panjat tebing, sejarah panjat tebing indonesia, sepatu panjat tebing, sepatu panjat tebing lokal, tali panjat tebing, tali temali panjat tebing, tali untuk panjat tebing, teknik dasar panjat tebing, teknik panjat tebing, teknik panjat tebing pemula, teknik tali temali panjat tebing, wall panjat tebing, webbing panjat tebing, wisata panjat tebing, asli magetan, event magetan, jaket kulit magetan, kab magetan, kabupaten magetan, komunitas anak magetan, komunitas di magetan, komunitas magetan, komunitas magetan indah, komunitas magetan indonesia, komunitas magetan jatim, komunitas magetan jawa timur, lintas magetan, magetan, magetan banget
kaki kiri ane yang cidera kala itu | at. Gn. Slamet

Uraian : Bila saat  pendakian menemui trek yang cukup terjal, entah dalam perjalanan turun maupun naik, maka perlengkapan ini akan memiliki peranan penting dalam hal ini. Seperti ane yang waktu ini mengalami cidera otot saat menjalani perjalanan turun. Dan Tracking pole inilah kaki ketiga ane

Tips : Bisa menggunakan ranting pohon, atau batang kayu yang sudah tergeletak di tanah. Jangan sesekali memotong kayu hanya untuk kamu gunakan sebagai tracking pole, setelah itu kamu buang.

Harga : Ada beberapa yang memiliki fungsi lebih dari satu. Jadi ketika hendak membeli, ada baik nya untuk melihat kebutuhan nya juga. Harga rata-rata adalah  Rp.80.000

 ===============================================================

Pisau / Parang Tebas

Uraian : Hanya digunakan disaat kita benar-benar membutuhkan. Seperti saat trek yang tertutup ilalang, kayu yang roboh menutup badan jalan, atau saat kita membuang hajat di tengah-tengah hutan.

Bersifat : Wajib/Disesuikan.

Kategori : Tim.

Tips : Jika medan yang akan ditempuh merupakan medan yang belum terjamah yang memaksa untuk membuka jalur. Sangat disarankan untuk membawa Parang Tebas. Akan tetapi, jika meda sudah sangat sering dilalui manusia, dan penggunaannya hanya sekedar untuk masak dan kayu kecil, maka cukuplah hanya membawa pisau kecil atau pisau lipat.

Harga : ane pernah beli Parang Tebang merk Tramontina. Parang ini cukup bandel, namun ukuran cukup besar, jadi walaupun disimpan disamping keril, cukup membuat risih. Ane beli waktu dengan harga  Rp.80.000

 ===============================================================

(KAMERA)

Uraian : Jangan lupa rekam setiap perjalananmu. Selain untuk rekreasi. Juga berfungsi untuk bahan evaluasi.

Tips : Jangan lupakan baterai cadangannya. Dan perlengkapan cadangannya.

 ===============================================================

(TrasBag)
Berfungsi : menahan air masuk kedalam keril. Tergantung bagaimana teknik Packingmu nanti. Disarankan untuk membawa trasbah yang besar, yang mampu menampung semua perlengkapan yang masuk ke dalam keril.

(Plastik Sedang & Kecil)
Dianjurkan untuk membawa lebih dari satu. Berfungsi untuk menyimpan benda-benda eletronik seperti Kamera, PoweBank, atau yang lainnya yang jika terkena air akan rusak. Selain itu juga untuk digunakan sebagai kantong sampah.

(Baterai Cadangan)
Seperti yang ane tulis diatas. Berfungsi untuk memberikan daya tambahan pada Headlamp jika sewaktu-waktu headlamp mati tanpa sebab yang diketahu. Dianjurkan juga membawa penerangan cadangan. Bisa senter. bisa Lilin

(Tali Sepatu Cadangan)
Ane sendiri sudah menyiapkannya, namun tak pernah ane pake, tapi tetap ane bawa. Sebab sepatu ane talinya memang sudah sangat memprihatinkan. Akan ane gunakan dan tetap akan ane bawa jika sewaktu-waktu tali sepatu ane sudah di batas waktunya. Dan akan tetap berada di sepatu sampai nanti benar-benar putus.

(Obat-obat an pribadi)
Berlaku bagi pendaki yang memiliki sejarah sakit yang harus membawa obat-obat tertentu.

(P3K)
Tak harus komplit, tapi setidaknya membawa. Sedikitnya, bawalah hansaplas, kain kasa, minyak kayu putih, betadine, paracetamol.

(Webbing)
Berfungsi ketika nanti menemui trek yang sangat terjal, yang tak memungkinan untuk dilewati hanya dengan mendaki saja. Sebagai penambat ketika nanti ada beberapa anggota rombongan yang kesulitan dalam melewati medan. Sekalipun melakukan pendakian sendiri, komponen ini juga perlu untuk dibawa.
(Buku & alat Tulisnya)
Bagi yang suka menulis, kamu akan punya tantangan tersendiri jika menulis di alam, terlebih menulis pengalaman kamu saat melakukan pendakian itu. Dan masih banyak lagi fungsinya komponen ini.

(Tali Raffia / tali pramuka)
Untuk penambat tali tenda, jika sewaktu-waktu diterjang badai, yang membuat tali dan patok bawaan tenda tak kuat menahannya. Atau mungkin bisa di gunakan yang lain, tergantung situasi dan kondisinya nanti gimana.
(SURVIVAL KIT)
Adalah perlengkapan bertahan hidup dialam terbuka.
Dll..

Masih banyak yang lainnya yang harus di bawa. Jadi tergantung kebutuhanmu. Jika rombongan lebih dari satu orang, itu akan lebih menghemat peralatan yang akan kamu bawa.
Selain perlengkapan diatas, perlu juga kamu menyiapkan kondisi fisik dan mental. Karena selengkap-lengkapnya perlengkapanmu, sebagus-bagusnya perlengkapan kamu, jika kamu mengalami sejarah penyakit yang berpotensi kambuh ditempat -tempat yang tidak bersahabat untuk orang-orang dengan kondisi fisik yang lemah, ane saranin untuk menunda sampai kamu benar-benar sehat. Selain menyulitkanmu, juga akan menyulitkan teman-teman mendakimu.
Jangan lupa berdoa, dan selamat mendaki.

Leave a Reply