Cara Bertahan Hidup di Hutan | Survival di Hutan

Cara Bertahan hidup di hutan, hutan adalah salah satu tempat untuk belajar atau melakukan survival. hutan merupakan suatu tempat yang indah ketika dilihat sepintas namun akan berubah menjadi tempat yang sangat menakutkan apabila kita berada sendirian di hutan tanpa orang lain dan tidak tau harus pergi kemana? ditambah lagi apakah ada binatang buas atau tidak di hutan tersebut. Nah oleh karena itu kita perlu tau cara bertahan hidup di hutan.

Survival

Pada artikel sebelumnya Shunt telah sedikit menguraikan tentang apa itu survival, nah dengan Survival inilah kita akan berusaha bertahan hidup di hutan. 
Dengan apa kita bertahan hidup? tentu dengan peralatan dan perlengkapan seadanya.
Namun sebelum kita mulai mempergunakan peralatan dan perlengkapan seadanya tersebut hal pertama yang perlu kita gunakan adalah Metode STOP, dimana dengan metode stop ini kita di tuntut untuk tetap tenang dan berfikiran jernih sehingga kita bisa mempergunakan peralatan dan perlengkapan seadanya dengan baik.

5 Elemen Dalam Survival

Dalam Teknik Survival dasar terdapat 5 elemen pokok yang harus kita miliki agar kita mampu melakukan survival di hutan. 
API, pastikan kalian bisa membuat api tanpa korek karena api merupakan elemen pokok yang sangat penting seperti untuk penghangatan, penerangan dan penghalau binatang buas. terdapat beberapa cara membuat api :
Hand Drill
ini adalah metode paling primitif yaitu dengan cara seperti gambar berikut.
Bow Drill
ini adalah metode yang lebih modern dengan hand drill, kalau dengan hand drill kita hanya menggunakan tangan, Bow Drill menggunakan sebuah busur panah yang dililitkan pada batang kayu seperti gambar berikut.
Shelter atau Tenda, pastikan kalian bisa membuat tenda atau dapat mencari tempat tinggal sementara seperti bongkahan batu, gua atau celah pohon yang kuat. minimal kita bisa merasa aman dari panasnya siang, dinginnya malam dan ganggunan dari binatang buas.
Berikut contoh shelter:
Sinyal atau Tanda. buatlah sebuatlah sebuah tanda dimana kita berada atau akan berada. hal ini dilakukan agar kita mudah ditemukan ketika ada tim yang sedang mencari kita.
Makanan dan Air, karena kita berada di hutan akan ada banyak makanan yang bisa kita temukan seperti buah dan tumbuhan yang bisa kita makan secara langsung.
Daun Semanggi
Daun Semanggi adalah salah satu jenis tumbuhan di hutan yang bisa langsung kita makan atau kita jadikan bahan makanan. cara mengkonsumsinya cukup mencuci daun semanggi dan daun semanggi langsung bisa di konsumsi.

Paku Sayur
Tanaman paku memiliki ciri daun bergerigi, dan biasanya ada banyak kantung spora seperti bintik-bintik hitam di bagian bawah daun.

Adapun ciri-ciri tumbuhan yang bisa kita makan secara langsung

  • Daunnya tidak berbulu 
  • Tidak bergetah
  • Tidak berair 
  • Warnanya hijau
  • Tidak dimakan oleh hewan herbifora
Ciri-ciri Jamur yang Dapat Dimakan :
  • Tubuhnya tidak berwarna mencolok
  • Batangnya tidak bergelombang
  • Jika disayat dengan pisau, tidak meninggalkan bekas warna biru
  • Jika dicampur nasi, tidak berwarna kuning.
Selain itu kita juga bisa mencari makan dengan menggunakan TRAP atau jebakan untuk memperoleh buruan entah binatang darat maupun binatang air seperti ikan.
Kemudian untuk Air carilah air yang jernih, tidak berbau dan bergerak untuk menghindari air yang tersebut beracun. sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mengetahui air itu beracun atau tidak, yaitu dengan melihat apakah ada binatang yang meminum air tersebut jika tidak wajib berhati-hati.
Hal yang paling utama dalam survival baik di hutan, laut, padang pasir,  ataupun kutub adalah kestabilan emosi dari sang survivor itu sendiri karena dengan kestabilan emosi ini sang survivor mampu berfikir jernih dan dapat melakukan sesuatu dengan tepat.
Demikian artikel tentang cara bertahan hidup dihutan. untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan ketika kalian berjalan-jalan di hutan alangkah baiknya berjaga-jaga dengan membawa perlengkapan survival atau survival kit.

Sekian dan Salam Lestari.

Leave a Reply